Sertu Elia Rahman Babinsa Koramil 02/TM Giat Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Menjaga wilayah binaan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), merupakan tugas rutin yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil.


Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Sertu Elia Rahman melaksanakan patroli rutin di wilayah binaan Parit Bangkinang desa Pengalihan, Kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (16/9/2022) pagi.


Sertu Elia Rahman mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan masyarakat yang ada di wilayah binaannya.


Dikatakan Sertu Elia Rahman dalam pelaksanaan patroli di kebun-kebun masyarakat yang rawan terjadinya kebakaran, dibantukan oleh dua masyarakat peduli api (MPA).


"Kita bersama-sama melakukan patroli di daerah yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat. Untuk itu kita mematok tanda dan memberikan zona yang harus di lalui saat melakukan patroli," katanya.


Ia juga mengungkapkan saat melakukan patroli ditemukan pemilik kebun, tidak luput diberikan sosialisasi bahaya melakukan membakar lahan.


"Itu yang kita lakukan dulu, supaya mereka paham, oh ini bahaya membakar lahan, dapat mengakibatkan bencana kabut asap, pernapasan kita nantinya akan  terganggu, dikarenakan udara yang kita hirup sudah tidak sehat lagi. Dan yang terpenting itu dapat di penjara, nah kita kasih masukan supaya mereka paham dan tidak sesuka hati lagi membakar lahan," tandasnya. 


Terakhir, Sertu Elia Rahman mengungkapkan dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di Wilayah Parit Bangkinang desa Pengalihan, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

Sumber Batituud Koramil 02/TM 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar