Kunker ke Maluku, Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Wear Fair

Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair di Maluku Tenggara (sumber foto: iNews.ID)

 


SIBERONE.COM - Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Rabu (14/9/2022). Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta sejumlah menteri dan Forkopimda setempat.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair yang diharapkan dapat menjadi infrastruktur  untuk mempercepat mobilitas orang dan barang.

"Jembatan Wear Fair ini penting sekali dalam rangka mobilitas orang maupun mobilitas barang," ujar Jokowi, Rabu (14/9/2022).

Presiden menuturkan, jembatan ini menghubungkan dua pulau kecil yakni Pulau Fair dan Pulau Kei Kecil. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur secara merata hingga ke seluruh pelosok Tanah Air.

Bahkan dalam 1 tahun, pemerintah telah membangun sekitar 200 jembatan serupa sebagai akses konektivitas warga. Baik antarkecamatan, antardesa maupun antarpulau.

"Yang kita bangun itu bukan hanya jalan tol yang gede-gede atau pelabuhan yang gede-gede atau airport yang gede-gede, tapi jembatan antardesa. Jembatan antarpulau yang seperti ini juga setahun kita bangun kurang lebih 200-an jembatan gantung seperti ini antardesa, antarkecamatan, antarpulau yang kecil-kecil," kata Jokowi.

Sementara itu, Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita Pandjiriawan dalam keterangan terpisah mengatakan, Jembatan Gantung Wear Fair memiliki panjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter. Jenis jembatan gantung dipilih karena proses pembangunan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

"Satu, pelaksanaan cepat karena ini dulu sudah ada jembatan. Ini dibongkar dengan segera supaya lebih manfaat dan masyarakat yang diseberang pulau masih belum banyak memerlukan kendaraan yang besar sehingga cukup difasilitasi kendaraan roda dua dan penyeberangan," kata Yudha.

 

Sumber: iNews.ID


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar