Bermula dari Bakar Sampah, 4 Bangunan di Mangga Besar Jakbar Dilahap Api

Empat bangunan di Mangga Besar, Jakbar, hangus terbakar. Kebakaran diduga bermula saat ada pembakaran sampah. (sumber foto: Detik.com)

 


SIBERONE.COM - Kebakaran terjadi di rumah kos pada permukiman padat penduduk di Jalan Mangga Besar XI, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar). Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakbar, Syarifudin, mengatakan api diduga berasal dari pembakaran sampah.

Diketahui, api tersebut menjalar ke rumah warga setelah tertiup angin. Kini, api sudah dipadamkan oleh petugas.

"Awal mulanya ada warga yang sedang membangun rumah itu membakar sampah. Jadi kena angin langsung merambat ke sebelah rumah," kata Syarifudin kepada wartawan di Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (13/9/2022).

"Dugaan sementara dari keterangan warga, itu bakar sampah," sambungnya.

Syarifudin mengatakan sebanyak 4 rumah semipermanen ludes akibat kebakaran ini. Empat rumah itu diketahui dijadikan indekos sebanyak 16 pintu.

"Sementara, (ada) empat rumah terbakar, namun dibikin beberapa kos, kurang lebih 16 pintu, seperti kontrakan. Rumah semipermanen, tembok tapi nggak semuanya full," terang dia.

Pantauan detikcom di lokasi, sejumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) masih tampak di lokasi kebakaran. Petugas damkar sedang merapikan peralatan dan bersiap meninggalkan lokasi.

Sebagian warga juga tampak mengecek bangunan untuk memastikan tidak ada api susulan. Tampak warga bergotong royong menyiram beberapa bagian tembok yang masih tampak mengeluarkan asap panas.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Sementara itu, kerugian akibat kebakaran ini ditaksir Rp 1 miliar.

Syarifudin menyebutkan pihaknya menerima laporan kebakaran pukul 12.33 WIB dan langsung mengerahkan petugas ke lokasi. Sebanyak 16 unit mobil damkar dan 78 personel turun ke lokasi kebakaran.

 

Sumber: Detik.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar