Babinsa 06/KTM Sosialisasi Karhutla Kepada Masyarakat Ingatkan Bahaya Dampaknya

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Kegiatan rutin patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan-lahan pertanian masyarakat terus berlanjut dilaksanakan oleh para Babinsa jajaran Koramil 06/Kateman satuan Kodim 0314/Inhil.


Salah satunya Praka Raja Oloan Sihotang babinsa Koramil 06/KTM melaksanakan patroli untuk memastikan wilayah binaan desa Tunggal Rahayu Jaya Kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri Hilir tanpa Karhutla, Ahad (11/9/2022) pagi.


Pentingnya melakukan patroli kata  Babinsa untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sehingga dapat melakukan antisipasi dini terjadinya kebakaran lahan-lahan gambut yang sangat menjadi perhatian pemerintah.


"Hari ini saya bersama dua orang masyarakat peduli api (MPA) untuk melakukan kegiatan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran lahan masyarakat," jelas Praka Raja Oloan Sihotang.


Praka Raja Oloan Sihotang menjelaskan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin, untuk memastikan tidak ada ditemukan titik api dan asap.


"Dan kalaupun ada saya akan melaporkan ke komandan Koramil, untuk itu bahan laporan saya, dan juga menindak lanjuti kebakaran yang ada," jelasnya.


Menurut Babinsa Koramil 06/Kateman Praka Raja Oloan Sihotang di daerah desa binaannya konstur tanah gambut, sangat rawan terjadinya kebakaran, jadi dengan kegiatan rutin patroli untuk mencegah dini terjadinya kebakaran lahan masyarakat.


Selain patroli Babinsa juga saat menemukan warga di kebun pertanian, memberikan sosialisasi kepada pemilik kebun agar tidak melakukan membuka lahan lahan dengan cara dibakar.


"Karena dapat menimbulkan dampak pencemaran udara, yang ditimbukan dari kebakaran lahan, dan sangat menganggu pernafasan kita, saat menghirup udara," tandasnya.


Terakhir dikatakan Praka Raja Oloan Sihotang, dalam pelaksanaan patroli Karhutla dilakukan secara rutin semoga tidak ada masyarakat melakukan membuka lahan dengan cara dibakar.


"Mudah-mudahan lah tidak ada kabarkan lahan masyarakat, dari kita laksanakan patroli kali ini juga tidak ada kita temukan titik api dan asap hasilnya nihil," tutupnya.

 

Sumber Batituud Koramil 06/KTM.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar