Sertu P Siregar dan Warga Persiapan Lahan Ketahanan Pangan Binaan Koramil 02/TM

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil Sertu P Siregar melaksanakan kegiatan persiapan untuk Ketahanan pangan di NTS Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (5/9/2022) pagi.


Selain itu, Babinsa juga melakukan pengolahan persiapan dengan membersihkan lahan yang ada di NTS Tanah Merah.

Kali ini persiapan lahan yang direncanakan akan ditanami dengan jagung diatas lahan seluas satu hektare itu juga dikerjakan secara bersama dengan warga. 

" Ya lahan ketahanan pangan milik Koramil setiap hari selalu mendapat rawatan dari Babinsa dan personil Koramil lainnya, semua ini agar kedepan hasilnya memuaskan," ujarnya 

Menurut Babinsa, kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa itu sangatlah penting, selain untuk memberikan motivasi para petani juga bertujuan untuk mendukung tercapainya program swasembada pangan nasional, khususnya di wilayah Tanah Merah.

Selain itu, mencapai tujuan tersebut diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL dan Babinsa. “Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan keterbatasan petugas di lapangan, Babinsa ikut berperan aktif dalam melaksanakan pendampingan, guna mencapai program swasembada pangan,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, Seiring datangnya pergantian musim para petani diharapkan bergerak cepat untuk menanam jagung. Penyiapan lahan menjadi awal pekerjaan petani, dengan pengolahan lahan yang benar diharapkan nantinya tanaman jagung akan tumbuh subur tentunya juga harus dibarengi dengan pemupukan dan pemberantasan hama yang tepat pula," pungkasnya.

Sementara itu Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid melalui Danramil 02/Tanah Merah Kapten Inf Rohadi Handoko mengatakan jika perawatannya bagus, maka tanaman jagung atau sayuran lainnya itu akan dapat dipanen tepat waktu.

Dengan adanya lahan ketahanan pangan itu Danramil berharap kedepan lahan itu akan jadi percontohan bagi masyarakat, terutama dalam memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah.


"Diharapkan agar kebun dapat dijadikan contoh bagi masyarakat utk dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah,  untuk dapat menghasilkan uang di Tengah Covid-19," tutupnya.

 


Sumber Batituud Koramil 02/TM


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar