Kunker ke Kecamatan Reteh, Wabup Inhil Ikuti Festival Reog

Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti bersama penari reog (sumber foto: Porkopim Setda Inhil)

 


SIBERONE.COM - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H. Syamsuddin Uti, Minggu (21/8/2022) pagi melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Reteh dalam rangka Grebek Syuro 23 Muharram 1444 H yang dimeriahkan dengan Festival Reog. 

Dengan disambut Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Wakil Bupati H. Syamsuddin Uti mengikuti Festival Reog yang sudah menjadi agenda tahunan. 

Festival tahunan yang merupakan salah satu rangkaian acara di bulan Muharram yaitu Grebeg Suro setiap tahunnya dilaksanakan bersamaan dengan perayaan HUT RI Ke-77. 

Dengan dimeriahkan 5 buah Reog yang berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir berkeliling kota Pulau kijang Kecamatan Reteh dengan melalui jalan-jalan protokol sambil sesekali rombongan Salah satunya Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti Ikut menari bersama para pembarong mempertontonkan keperkasaan dalam mengangkat dadak merak yaitu topeng raksasa yang memiliki berat hingga 50 kilogram dengan disangga menggunakan kekuatan gigi saja. 

Alat-alat musik yang dimainkan dalam pertunjukan Reog mampu menghadirkan suasana mistis dan eksotis, namun membangkitkan semangat orang yang melihat maupun para pemainnya.

Di sela-sela pawai Kegiatan Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti yang lebih akrab di Sapa Abah SU, mengatakan pertunjukan Reog ini perlu di lestarikan. 

Dan disamping sebagai ajang silaturahmi sesama pencinta seni Reog yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir juga dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

 


Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar