PKG PAUD Se-Aceh Singkil Adakan Bimtek Akreditasi dan Pengelolaan Manajemen


SIBERONE.COM - Sebanyak 150 Guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se- Aceh Singkil adakan Bimtek Akreditasi dan Pengelolaan Manajemen Lembaga.

Kegiatan itu dilaksanakan berdasarkan inisiatif dari para forum Pusat Kegiatan Gugus (PKG) di tiap-tiap Kecamatan.

"Bimtek ini mengajarkan bagaimana membuat laporan-laporan keuangan lembaga dan lainnya seperti Proposal, RKAS,  NPHD, dengan adanya kegiatan Bimtek ini tentunya menambah wawasan untuk lembaga sekolah," ujar Dwi, Ketua Panitia Bimtek Guru PAUD kepada wartawan Kamis (28/1/2021).

Saat ini TK dan PAUD dimasukkan dalam jenjang formal untuk usia 4 hingga 6 tahun, kecuali program Kelompok Bermain (KB) dan Tempat Penitipan Anak (TPA).

Pelaksanaannya, ujar Dwi, telah berlangsung kemarin Rabu (27/1/2020) di Gedung Serba Guna Langgeng Jaya, Tulaan Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil yang dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Ibu Adma istri Bupati Aceh Singkil Dulmusrid.

Kegiatan itu turut dihadiri Ibu Dandim Aceh Singkil, Kepala Disdikbud Aceh Singkil Khalilullah, dan tim Bimtek Disdikbud Aceh Singkil.

Kepala Disdikbud Kabupaten Aceh Singkil Khalilullah didampingi Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Bay Suminggara menyampaikan apresiasi kepada semua lembaga dan panitia atas legiatan bimtek guru karena sesuai dengan undang undang Sisdiknas.

"Pihak kami mendukung kegiatan ini dan menyampaikan arahan terkait standar pendidikan akan dipenuhi sesuai dengan kemampuan anggaran daerah," ungkapnya.

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal, Bay Suminggara menambahkan, tujuan Bimtek adalah mengajarkan bagaimana membuat laporan-laporan keuangan lembaga seperti membuat proposal, RKAS, NPHD dan lain-lain. 

"Jadi dengan kemampuan seperti itu, apara guru Paud akan mampu mandiri dengan adanya wawasan pengetahuan manajemen," kata Bay.

Dalam kesempatan itu juga, ujar Bay, Forum PKG, Bunda PAUD Kabupaten, Ibu Dandim Aceh Singkil, dan Kepala Disdikbud Aceh Singkil Khalilullah memprogramkan PAUD Holistik Integratif (HI), yakni penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang melibatkan beberapa SKPK yang lainnya seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan dan Perlingan anak, Disdikbud, Bagian Hukum dan Dinas Kesehatan.

"Kegiatan ini merupakan perdana dan himpunan Swadaya dari forum PKG, yang artinya dari mereka untuk mereka danntim pembimbing dari pihak Disdikbud enam orang dan kepanitiaan empat orang," jelasnya.

Kemudian Bay Suminggara berharap program ini dapat terlaksana kembali sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan PAUD, memperkuat silaturahmi, dan memasyarakatkan Paud lebih baik dari sekarang.

(Ris)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar