Bersama 3 Warga, Serda Lendi Babinsa Koramil 06/KTM Lakukan kegiatan Patroli Karhutla

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil Sersan Dua (Serda) Lendi Piter Sirimba bersama 3 warga binaan melakukan kegiatan patroli Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Kegiatan patroli Karhutla yang dilakukan oleh Serda Lendi Piter Sirimba wilayah dusun Panjalia desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada hari Ahad (7/8/2022) pagi.


Dikatakan Babinsa Serda Lendi Piter Sirimba, kegiatan patroli tersebut merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa di jajaran Koramil 06/Kateman untuk memantau titik dan daerah rawan kebakaran sebagai upaya dalam melakukan pencegahan terjadinya peristiwa Karhutla di daerah tersebut


"Hari ini kita kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sekitar perkebunan ini, ada titik rawan kebakaran yang harus kita pantau terus termasuk untuk mencegah adanya penebangan liar," ujarnya.


Ia juga menjelaskan, selain untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, pihaknya juga ingin memastikan kepada para warga yang bekerja di perkebunan untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar apalagi melakukan penebangan liar.


"kita harus pastikan, warga kita tidak ada yang membuka dan membersihkan lahan dengan membakar, apalagi menebang pohon secara liar, karna banyak menimbulkan bencana, selain kebakaran juga bisa menyebabkan banjir bandang," imbuhnya.


Sementara itu, selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga. Serda Lendi mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar.


"Setiap pelaksanaan patroli kita turut mengajak warga agar ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah memastikan warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar," tutupnya.


Untuk diketahui dalam kegiatan patroli Karhutla yang dilakukan oleh Serda Lendi Piter Sirimba bersama dengan 2 orang warga  binaan di dusun Panjalia desa Air Tawar tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil kegiatan patroli Karhutla tersebut dalam keadaan aman dan terkendali.


Sumber: Batituud Koramil 06/Kateman.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar