Peringati Harkopnas ke-75 dan Sambut HUT RI, Pemkab Inhu Gelar Berbagai Kegiatan

Peringati Harkopnas ke-75 dan Sambut HUT RI, Pemkab Inhu Gelar Berbagai Kegiatan (sumber foto: Humas Pemkab Inhu)

 

 

SIBERONE.COM - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-75 dan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menyelenggarakan acara lomba Masak serba ikan, dan Pacu Sampan mini antar OPD dan Pemerintah Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu, di Danau Raja Rengat, Senin (01/08/2022).

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE, dan dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Unsur Forkopimda Inhu, Kepala OPD, camat se-Kabupaten Inhu, Pengurus PKK Kabupaten Inhu, dan tamu undangan lainnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhu Paino, SP selaku ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan, melalui lomba masak serba ikan ini diharapkan ada inovasi baru dalam pengolahan berbagai jenis masakan berbahan baku ikan, sehingga produk perikanan mempunyai nilai tambah secara ekonomi sehingga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.

"Dalam rangka memeriahkan Harkopnas ke-75 dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 juga akan dilaksanakan Pacu sampan mini antar OPD dan Pemerintah Kecamatan, yang sesuai rencana akan diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2022," sebut Paino

Paino juga menyampaikan bahwa pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan restoking ikan atau penebaran bibit ikan di danau raja, tujuannya adalah meningkatkan populasi ikan dalam rangka pengolahan sumber perikanan melalui pengendalian dan pemanfaatan yang berpedoman pada kaidah-kaidah pelestarian sumber daya hayati perairan, dan menyeimbangkan populasi ikan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dalam sambutannya yang dibacakan oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau menyampaikan, angka konsumsi ikan di Provinsi Riau masih rendah hal ini berbanding terbalik dengan potensi perikanan yang ada, untuk itu perlu adanya inovasi pengolahan makanan serba ikan agar masyarakat terutama anak-anak suka makan ikan.

Ia menyebutkan pemerintah telah lama mencanangkan Program masyarakat makan ikan (Gemarikan), melalui lomba masak serba ikan ini mudah-mudahan dapat meningkatkan minat konsumsi ikan di Provinsi Riau Khususnya di Kabupaten Inhu.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutannya menyampaikan, sesuai tema lomba masak serba ikan yaitu “Penuhi gizi keluarga, cegah stunting, cerdaskan anak bangsa dan lawan covid-19 dengan gemar makan ikan”, tema ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kab. Inhu dalam rangka mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Inhu.

“Sehubungan dengan itulah, saya mengajak kepada seluruh masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk meningkatkan kegemaran dalam mengkonsumsi ikan," lanjut Rezita.

Bupati Rezita juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD yang ikut berpartisipasi dalam event pacu sampan mini di Danau Raja Ini.

“Bagi saya, kepesertaan OPD dalam event pacu sampan ini menjadi implementasi akan konsep pengembangan potensi wisata yang berbasis pada olahraga budaya,” sebut Rezita.

Usai pembukaan, pada kesempatan ini Bupati bersama undangan lainnya melakukan restoking ikan atau penebaran bibit ikan di danau raja, membuka secara simbolis hilir pertama Pacu sampan mini, dan mencicipi masakan peserta lomba masak serba ikan. 

 


Wartawan: A.Rustandi


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar