Sebanyak 44 Mahasiswa Akbid STIkes Husada Gemilang Laksanakan Pengukuhan dan Ucap Janji

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Akademi Kebidanan (Akbid) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Husada Gemilang melaksanakan pengukuhan dan ucap janji Ke XVI Tahun Tahun Ajaran 2020/2021, bertempat di Aula salah satu Hotel di kota Tembilahan. Jum'at (8/7/2022) siang.


Dalam kegiatan Pengukuhan dan sumpah janji STIKes Husada Gemilang ke XVI di Hadiri dihadiri oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Budi Pamungkas, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Husada Gemilang, Haryati Astuti, S.Sit, M.Kes, dr. Hj. Raihana Ara, pengajar dan staff Akbid Husada Gemilang beserta orang tua Mahasiswi.

Wakil Ketua Yayasan Husada Gemilang, HM Yusuf Said mengatakan pengukuhan dan janji
ini dilakukan setiap siswa kebidanan dari tingkat satu ke tingkat dua dan sebelum praktek mereka dilakukan sumpah janji.


Yusuf Said berpesan kepada seluruh mahasiswi yang mengikuti prosesi sore ini untuk selalu mengingat dan berpegang teguh dengan ucap janji dan menjaga 3 hal diantaranya : menjaga diri sendiri, menjaga nama baik keluarga dan menjaga nama baik institusi.

“Janji bukan sekedar untuk diucapkan tetapi harus ditepati dan menjadi pedoman dalam menjalankan profesi kedepannya,” Pesan Yusuf


Semantara itu Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Husada Gemilang, Haryati Astuti, S.Sit, M.Kes mengatakan pada hari ini sebanyak 44 orang mahasiswa semester II program studi D-3 Kebidanan stikes Husada Gemilang anak mengikuti prosesi pengukuhan dan ucap janji dengan menggunakan Uniform bewarna putih.


"Kenapa baju warna putih, itu untuk menegaskan di sanubari mahasiswa bahwa mengenakan seragam berwarna putih dan atributnya, mempunyai arti yang dalam, karena itu sudah harus menyadari akan memikul tanggung jawab terhadap kesembuhan pasien bahkan menyelamatkan nyawa orang yang ditolong," ungka Haryati Astuti. 


Lanjut dikatakan Haryati, prosesi pengukuhan dan ucap janji merupakan proses awal bagi mahasiswa sebelum melaksanakan praktek klinik kebidanan di tempat sesuai MoU dengan 3 rumah sakit.

"Kita stikes Husada Gemilang sudah melakukan MoU dengan berapa tempat, salah satu RSUD Husada Gemilang Tembilahan, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, 3M plus 3 puskesmas dan 17 Postu 5 klinik utama, 4 rumah sakit bersalin di Pekanbaru yang semu itu adalah partner dan mitra Akbid Husada Gemilang tempat praktek, dan satu lagi dalam waktu dekat akan MoU dengan klinik kesehatan Kodim 01.10.11 Tembilahan," ujarnya.

Ia juga mengatakan sejak Januari 2020 telah bekerjasama dengan KPJ Damansara Specialist Hospital di KL Malaysia. Namun dikarenakan Pendemi COVID-19 harus tertunda. " Mudah-mudahan pendemi ini cepat berakhir sehingga kita bisa melaksanakan praktek baik di kabupaten Indragiri Hilir atau di provinsi Riau maupun di Malaka," imbuhnya.


Haryati juga berpesan kepada 44 mahasiswa Akbid, dalam prosesi pengukuhan dan ucap janji nantinya, semua dapat menghayati dan mengamalkan apa yang diucapkan.


"Jangan hanya dilihat sebagai kegiatan seremonial semata, melainkan sebagai tanggung jawab karena sudah melakukan janji sebagai semestinya," ujarnya.


Haryati Astuti, dalam mewujudkan bidan yang profesional, stikes Husada Gemilang terus berbenah diri, sehingga pelaksanaan pendidikan sesuai dengan standar mutu. Selain itu ia juga mengatakan proses akreditasi program studi juga sudah dilakukan saat ini sedang menunggu hasil dan tahun depan akan dilaksanakan akreditasi program sarjana Gizi dan akreditasi institusi. 

Sebagai informasi, Haryati Astuti mengatakan Stikes Husada Gemilang , saat ini masih menerima mahasiswa baru, sebagai jurusan diploma D3  kebidanan  dan sarjana Gizi untuk gelombang 3 dan berakhir tanggal 30 Juli 2022.


"Alhamdulillah saat ini mahasiswa baru yang sudah mendaftar di prodi kebidanan sebanyak 50 orang dan Sarjana Gizi ada 33 orang. Kalau ada sanak keluarga yang ingin mendaftar kami seluruh civitas akademika mengucapkan ribuan terimakasih," tutupnya.

 
Untuk diketahui dalam kegiatan pengukuhan dan janji Ke XVI Tahun Tahun Ajaran 2020/2021 Stikes Husada Gemilang  juga memberikan beasiswa dari yayasan Husada Gemilang kepada mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi. 

1. Zahwa nur Fajri Rahely dengan IPK: 3,62 prediket Cumlaude 
2. Meilany Safitri dengan IPK: 3,57 prediket cumlaude 
3.  Melisa Erliyanti Putri dengan IPK ! 3,52 prediket cumlaude.

Wartawan : Abdullah 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar