Angin Puting Beliung Terjang Bangka Tengah, 21 Rumah Warga Rusak Parah

Rumah salah satu warga Desa Guntung Bangka Tengah rusak parah akibat puting beliung. (sumber foto: SINDOnews.com)

 


SIBERONE.COM - Angin puting beliung menerjang wilayah Bangka Tengah pada Kamis (7/7/2022) petang. Akibatnya, sebanyak 21 rumah warga di Desa Guntung dan Kelurahan Arung Dalam, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah mengalami rusak parah.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan pendataan rumah warga yang terdampak, dan menyalurkan bantuan awal berupa terpal.

"Kita telah melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga yang terdampak puting beliung. Dari data yang kita himpun untuk di Desa Guntung, terdapat sebanyak 14 rumah mengalami kerusakan. Sedangkan untuk Kelurahan Arung Dalam sebanyak Tujuh rumah yang terdampak," ujar Kepala BPBD Kabupaten Bangka Tengah , Yudi Sabara, Kamis (7/7/2022) malam.

Sementara itu dari pantauan di lokasi kejadian, tepatnya di Desa Guntung sejumlah rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang, terlihat dari kerusakan sebagian atap rumah dan kanopi yang berbahan baja ringan hancur disapu angin puting beliung.

Sedangkan untuk rumah yang mengalami kerusakan parah, seluruh atap rumahnya telah hilang, bahkan sebagian dinding yang terbuat dari beton turut mengalami kerusakan dan sebagian roboh.

"Kejadiannya ini secara tiba-tiba, tau-tau datang hujan deras beserta angin seperti angin puting beliung saja dan merusak rumah-rumah warga yang ada di sekitar sini," ujar Hidayat, salah seorang warga Desa Guntung.

Namun dirinya bersyukur, walaupun sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, namun tidak memyebabkan korban luka ataupun menginggal dunia. "Syukurnya tidak ada korban luka atau korban jiwa akibat kejadian ini," ungkapnya.

 

Sumber: SINOnews.com 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar