Antisipasi Karhutla di Musim Kemarau, Babinsa Koramil 06/KTM Terus Patroli Sasar Perkebunan Warga

Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Patroli Karhutla

SIBERONE.COM - Memasuki musim kemarau sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan itu perlunya melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi.


Salah satu cara untuk menjaga wilayah binaan tidak terdapat titik hotspot, Serda Piter Sirimba Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di Parit 11 desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Rabu (8/6/2022) pagi.


"Hari ini saya dan 3 warga binaan melakukan kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin antisipasi terhadap kebakaran di masa musim kemarau," kata Serda Lendi Piter Sirimba.


Dia juga mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan, setiap hari menyasar perkebunan masyarakat,  dengan memastikan wilayah binaannya tidak ditemukan titik hotspot.

Selain itu dia juga langsung apabila menemukan warga dalam pelaksanaan patroli Karhutla, memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan baru.

"Saya berikan sosialisasi kepada masyarakat, apabila membuka lahan baru. Jagan mencoba membakar, karena itu dapat menimbulkan dampak kabut asap," ujarnya.

Terakhir dikatakan Serda Lendi Piter Sirimba, apabila menemukan titik api, agar masyarakat cepat melakukan tindakan pemadaman, sehingga mampu mencegah terjadinya Karhutla yang besar.


"Pertama lakukan tindakan pemadaman, dan juga laporkan ke pihak terkait, seperti pemdes, babinsa babinkamtibmas, sehingga cepat ditindaklanjuti bersama-sama," tutupnya.


Sumber: Batituud Koramil 06/Kateman 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar