58 Warga di Kecamatan Tirto Dapat Bantuan Pembangunan Rumah Layak Huni

Pemberian bantuan dana rumah layak huni (sumber foto: Prokopim Kabupaten Pekalongan)

 

SIBERONE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan (Dinas Perkim dan LH) memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni kepada 58 orang warga masyarakat prasejahtera di 3 desa di wilayah Kecamatan Tirto.

Mereka yaitu 20 orang warga Desa Tegaldowo, 18 orang warga Desa Karangjompo, dan 20 orang warga Desa Jeruksari.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE MM memberikan bantuan tersebut secara simbolis pada kegiatan Sosialisasi Tingkat Desa DAK Bidang Perumahan Tahun Anggaran 2022 yang di Balai Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto, Jum’at (3/6).

Program bantuan pembangunan rumah layak huni merupakan salah satu upaya untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan melalui pengurangan jumlah rumah tidak layak huni dan pemenuhan kebutuhan rumah (Backlog) bagi masyarakat prasejahtera. 

Bantuan yang diberikan berupa bantuan dana sebesar Rp. 35 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan dan Pemukiman yang berkolaborasi dengan Sharing dana APBD Tahun Anggaran 2022. 

Bupati berharap agar dana bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membangun rumah layak huni, “Gunakan uang tersebut untuk membangun rumah. Jadikan rumahnya menjadi lebih layak huni. Gotong royong bersama-sama. Jangan asal-asalan. Ini bukan merupakan bantuan yang setiap tahun bisa didapatkan,” tutur bupati mengingatkan warga.

Pada kesempatan tersebut bupati juga mengapresiasi usaha dan kerja keras pemerintah desa yang aktif dan peduli sehingga warganya bisa memperoleh bantuan tersebut, “Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah desa kepada warga-warganya,” kata bupati.

Bupati mengajak seluruh warga penerima bantuan untuk mensyukuri bantuan yang didapatkan. “Bapak Ibu penerima bantuan ini adalah orang-orang terpilih. Se-Kabupaten Pekalongan masih banyak rumah tidak layak huni. Tetapi karena terbatasnya biaya jadi kami harus selektif. Kami pilih-pilih dari tiap-tiap desa,” ujar bupati.

Kepala Desa Tegaldowo Budi Juniadi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemkab, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan karena warga kami sudah dibantu untuk pembangunan rumah baru sebesar Rp. 35 Juta,” ujar Budi.

 

Wartawan: Suyanto


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar