Meteran Listrik Meledak, Puskesmas Kampar Hangus Terbakar

Puskesmas Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar hangus terbakar. (sumber foto: Roaupos.com)


 
 
SIBERONE.COM - Puskesmas Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar hangus terbakar. Kejadian ini terjadi Sabtu, (29/5/2021) sekira pukul 19.00 Wib.

Kebakaran ini terjadi diduga kuat dugaan karena ledakan pada meteran PLN sehingga mengakibatkan kebakaran.

Dari keterangan penjaga puskesmas, Nazar menjelaskan bahwa sebelum kebakaran terjadi, adanya perbaikan travo di depan kantor camat. Lalu Nazar menghidupkan mesin diesel. Setelah kembali pihak PLN kembali mengaktifkan aliran listrik, Nazar kembali mematikan mesin dan mengaktifkan meteran.

Di saat ingin kembali ke puskesmas, terjadi ledakan pada meteran PLN yang mengakibatkan kobaran api dan merambat ke gudang obat-obatan dan ruangan arsip yang mudah terbakar, sehingga api semakin membesar dan tidak dapat dikendalikan untuk dipadamkan secara manual bersama warga sekitar.

Awal kebakaran terjadi diketahui saat Nazar selaku penjaga Puskesmas seusai mematikan mesin diesel dikarenakan beberapa jam yang lalu terjadi pemadaman lampu oleh pihak PLN dikarenakan adanya perbaikan travo didepan kantor camat.

Di saat ingin kembali ke Puskesmas, terjadi ledakan pada meteran PLN yang mengakibatkan kobaran api dan merambat ke gudang obat-obatan dan ruangan arsip yang mudah terbakar sehingga api semakin membesar dan tidak dapat kami kendalikan untuk dipadamkan secara manual bersama warga sekitar.

Kapolsek Tapung hilir AKP Aprinaldi, SH.MH  mengungkapkan bahwa kuat dugaan terjadinya kebakaran Gedung Puskesmas Kota Garo akibat hubungan arus pendek dan terjadinya ledakan pada meteran listrik.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kota Garo menyampaikan, akibat kebakaran ini diperkirakan kerugian mencapai milyaran rupiah dikarenakan gedung yang terbakar merupakan Kantor gudang obat dan vaksin serta ruang perawatan jalan bagi masyarakat yang berobat.

Tim Fire Resqeu dari PT. Sekarbumi Alamlestari, Damkar bantuan dari Kecamatan Kandis sebanyak 1 unit dan disusul 2 unit mobil Damkar dari Pemda Kampar terlibat memadamkan kebakaran Puskesmas Koto Garo ini.


Sumber: Riaupos.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar