Kapal dari Pekanbaru Tujuan Singapura Karam di Karimun

Kapal tongkang bermuatan ratusan kontainer nyaris karam di perairan Karimun, Kamis (26/5). ©ANTARA/HO-Humas Badan SAR Nasional Tanjungpinang/Merdeka.com

SIBERONE.COM - Kapal tongkang bermuatan ratusan kontainer nyaris terbalik dan tenggelam diterjang angin kencang di perairan di perairan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan, Riau, Kamis (26/5). Sebanyak 12 kontainer yang diangkut kapal itu jatuh ke laut, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang Slamet Riyadi menyatakan tongkang itu nyaris tenggelam itu dalam perjalanan dari Pekanbaru, Provinsi Riau, menuju ke Singapura. Tongkang ditarik kapal tunda Mega Daya 43.

Saat melintasi perairan Karimun sekitar pukul 01.00 WIB, tongkang dihantam arus angin kuat sehingga posisi kapal miring 60 derajat. "Akibatnya, sebanyak 12 kontainer jatuh ke laut pada koordinat 1'.10'.4 Lintang Utara-103'.26'.5 Bujur Timur," jelas Slamet di Tanjungpinang.

Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang mendapat informasi mengenai kejadian itu dari Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Karimun. Mereka mengerahkan lima personel menggunakan perahu karet bermesin ke lokasi kejadian.

"Kami juga melakukan komunikasi dan koordinasi ke MPA Singapura," ujar dia seperti dilansir Antara.

8 ABK Selamat

Proses koordinasi dan pemantauan evakuasi tongkang ini turut melibatkan unsur SAR gabungan, meliputi Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang, Pos SAR Karimun, TNI AL, Polairud, Komisi Penjaga Laut dan Pantai, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, dan nelayan setempat.

 

Meski nyaris karam, tongkang itu dapat diselamatkan. Saat ini kapal sudah dipindahkan perusahaan ke perairan Karimun Anak.

 

"Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Delapan anak buah kapal dalam kondisi selamat," kata Slamet.

 

Berita ini tayang di merdeka.com dengan judul "Diterjang Angin, Tongkang Pengangkut Ratusan Kontainer Nyaris Tenggelam di Karimun klik di sini 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar