Komisi IV DPRD Inhil Gelar Hearing Bersama Baznas, Tanyakan Kendala Pengumpulan Zakat

Komisi IV DPRD Inhil Gelar Hearing bersama Baznas Inhil (Dok istimewa)

SIBERONE.COM - Melihat kondisi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Indragiri Hilir, mengenai pengumpulan zakat masih tergolong jauh dari harapan, Komisi IV DPRD Inhil mengelar hearing bersama Baznas Inhil. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat komisi IV DPRD Inhil, jalan Sobroentas, Kecamatan Tembilahan, kabupaten Indragiri Hilir.


"Jadi kami komisi IV DPRD Inhil dalam Hearing meminta keterangan baznas Inhil apa yang menjadi persoalan kenapa jadi pengumpulan zakat masih jauh dari pada harapan," ungkap Ketua komisi IV DPRD Inhil Samino Suwito kepada awak media Senin (23/5/2022).


Sebagai Komisi tentang kesejahteraan masyarakat Samino dan kawan-kawan komisi IV DPRD Inhil, meminta baznas Inhil mampu berbuat banyak untuk kemaslahatan umat, namun menurut Samino dengan pencapaian yang minim tentu dengan itu menjadi terkendala tidak maksimal untuk menyalurkan bantuan dan yang lainnya.


"Kami dari komisi IV berharap kepada Baznas Inhil mampu maksimal dalam pengumpulan zakat, sehingga baznas sebagai wadah yang sudah di tunjuk pemerintah untuk menyalurkan zakat kepada golongan delapan asnap yang mana bantuan tersebut dari zakat ASN dan lainnya," cetusnya.

"Kalau kita lihat data ASN di lingkungan Pemda Inhil mencapai 8000 orang jadi sangat rendah pengumpulan zakat di Baznas, kalau kita hitung-hitungan bisa mencapai 17 miliar namun kenyataannya hanya 4,2  miliar yang di saluran baznas," sambungnya.


Untuk itu komisi IV sebagai leading sektor memberantas kemiskinan, minta pihak baznas Kabupaten Inhil memaparkan kendala mengenai pengumpulan zakat kenapa masih rendah dan belum meksimal.


"Dengan pemaparan kawan-kawan di Baznas jadi kita tahu apa sih permasalahan dan kendala baznas untuk pengumpulan zakat jadi belum bisa maksimal," kata Samino.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa sangat berharap kepada baznas Inhil mampu berperan untuk memberantas kemiskinan melalui program-program yang sudah ada. 

"Kami komisi IV DPRD Inhil sangat mendukung baznas dalam pengumpulan zakat untuk kepentingan umat yang katagori delapan asnap, jadi apa yang Kedepannya harus kita lakukan sehingga pencapaian pengumpulan zakat bisa maksimal, dengan maksimal tentu banyak masyarakat yang bisa menerima bantuan dari Baznas," tutupnya.


Tampak hadir dalam Acara hearing tersebut Kepala Baznas Inhil HM Yunus Hasbi dan jajarannya, Ketua komisi IV DPRD Inhil Wakil Ketua Komisi IV Samino S.Tp., M.Si , Mu'aamar AR, S.Sos.I, M.Si wakil komisi 4, Hj. Okta Hasantan, S.Ag Jabatan, Sekretaris Komisi IV. H. Alwi Effendy
Jabatan : Anggota Komisi IV. Dr.EzianPeranita
Jabatan : Anggota Komisi IV
H. Sumardi, S.Ag., M.Si
Jabatan : Anggota Komisi IV
MarzukiJabatan : Anggota Komisi IV.

Wartawan: Abdullah


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar