Puncak Arus Balik Idul Fitri, Polairud Polres Inhil Lakukan Patroli Keselamatan Penumpang


SIBERONE.COM - Antisipasi lonjakan terhadap penumpang pada puncak arus mudik lebaran idul Fitri 1443 Hijriah. Kepolisian Air dan udara (Polairud) Polres Inhil melaksanakan patroli pengecekan terhadap penumpang speed boat di Pelabuhan Pelindo Tembilahan, kabupaten Indragiri Hilir. Minggu (8/5/2022) pagi.


Saat ditemui awak media Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, SH, S.I.K,. M.Hum melalui kasat Polairud Polres Inhil AKP Ronni TM Sitinjak didampingi kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno,SE. mengatakan, hari ini merupakan puncak arus balik lebaran, di mana pasca lebaran idul Fitri masyarakat memadati pelabuhan Pelindo Tembilahan.


"Hari ini diperkirakan puncak arus balik sudah terlihat banyak penumpang yang ingin balik ketempat tujuan, kepulauan Riau (Kepri) ke Tanjung Balai, Tanjung Pinang, Batam. Untuk itu kita mengecek kesiapan kapal-kapal yang akan berangkat," ungkap AKP Ronni TM Sitinjak.


Kasat Polairud Polres Inhil mengungkapkan, tujuan pengecekan adalah kesiapan sarana dan prasarana kapal penumpang, serta protokol kesehatan bagi penumpang yang ingin bepergian.


"Jadi kita betul-betul cek kondisi, Speed Boot agar masyarakat yang ingin berpergian melalui pelabuhan Pelindo Tembilahan merasakan keamanan dan kenyamanan, juga memastikan bahwa masyarakat selalu menerapkan Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah," jelas AKP Ronni TM Sitinjak,SE.


Kasat Polairud Polres Inhil mengatakan. Pada hari ini kapal  yang berangkat sebanyak 4 kapal untuk antisipasi terhadap lonjakan penumpang, di mana setelah H+3 lebaran keberangkatan kapal setiap harinya sebanyak 3 kapal.


"Untuk itu perlunya tambahan armada laut, dan hari ini disediakan 4 kapal yang akan berangkat menuju kepri," jelas Kasat Polairud Polres Inhil.


AKP Ronni juga mengungkapkan. Kapal yang beroperasi harus lebih mengutamakan keselamatan para penumpang, pelampung harus tersedia, sehingga apabila terjadi sesuatu tersedia pertolongan darurat untuk penumpang. 


"Ya kita berharap tidak terjadi apa-apa,  dalam perjalanan namun antisipasi keselamatan juga harus diutamakan. Dan semoga dalam keadaan selamat sampai tujuan," imbuhnya.


Terakhir dikatakan AKP Ronni TM Sitinjak,SE dirinya mengimbau kepada pemilik moda transportasi (speed boat) agar tidak melebihi kapasitas penumpang sewajarnya. Dan juga selalu menerapkan protokol kesehatan.


"Jagan Arus balik, dijadikan momen mencari keuntungan, perhatikan kapasitas penumpang dan barang. Jangan melebihi, agar perjalanan nyaman sampai tujuan, utamakan keselamatan," tutupnya.


Untuk diketahui adapun Tim gabungan yang hadir terdiri dari, TNI-Polri Polairud Polres Inhil, anggota Koramil 01/Tembilahan TNI- AL, Basarnas, KSOP, KKP, Dishub, BPBD, Satpol PP.

Wartawan: Abdullah


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar