Jaga Wilayah Binaan Aman dari Karhutla, Babinsa Koramil 06/KTM Rutin Laksanakan Patroli


SIBERONE.COM - Pastikan wilayah binaan aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) babinsa Koramil 06/Kateman bersama masyarakat dan security melakukan kegiatan patroli di Parit 10 desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir.


Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp) Serda Lendi Piter Sirimba membenarkan pada hari ini melakukan kegiatan patroli Karhutla, antisipasi kebakaran lahan masyarakat, pada Kamis (5/5/2022) pagi. 


"Iya hari ini kami bersama-sama untuk melakukan kegiatan patroli Karhutla upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang ada di Parit 10 desa Air Tawar, di daerah rawan terjadinya kebakaran," ungkap babinsa Koramil 06/Kateman Serda Lendi Piter Sirimba.


Dijelaskan Serda Lendi, kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran lahan masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa masyarakat masih banyak melakukan membakar lahan agar lebih praktis dan cepat bersih lahan yang di olah masyarakat.


Namun menurut Serda Lendi Piter Sirimba, membuka lahan dengan cara membakar sangat bertentangan dengan hukum, dan sangat menggangu kesehatan masyarakat.


"Jelas pemerintah sudah memberikan surat edaran, tentang larangan membakar lahan masyarakat maupun hutan, dan juga membakar dapat menghasilkan asap dan sangat jelas menggau kesehatan," ungkap Serda Lendi Piter Sirimba disela-sela kegiatan patroli nya.


Selian itu juga, di sela-sela Patroli Serda Lendi Piter Sirimba bersama dengan warga binaan, saat menemukan warga di lokasi patroli, dirinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan pertanian.


"Saat kita temukan warga di lokasi patroli, kita sampaikan kepada mereka bahaya membakar lahan, dan dapat ancaman pidana, jadi dari pada itu terjadi, lebih baik kita membersihkan lahan dengan cari lain, misalnya ditebas dan di racun sehingga rumput bisa mati," imbuhnya.


Terkahir dikatakan Serda Lendi, banyak masyarakat yang sudah berurusan hukum dan di penjarakan, karena tidak taat kepada maklumat yang sudah di keluarkan oleh pemerintah.


"Untuk itu saya sangat berharap kepada masyarakat di desa Air Tawar kecamatan Kateman. Jangan lah sekali-kali melakukan membakar, karena saya tidak mau warga binaan saya terjadi sesuatu, karena saya sangat sering melakukan sosialisasi, agar mereka paham dan mengerti," tutup Serda Lendi Piter Sirimba.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar