Laksanakan Patroli Rutin, Antisipasi Karhutla Terus Dilakukan Babinsa Koramil 02/TM


SIBERONE.COM - Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi di wilayah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/ Inhil yang dipimpin Serma Boy R Sitompul, rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang Karhutla di wilayah binaan, desa Sungai Lokan, Kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, pada Rabu (4/5/2022) pagi.


Serma Boy R Sitompul mengungkapkan, kegiatan patroli dilakukan dengan menggunakan sepeda motor roda dua untuk menjaga agar tidak ada yang membakar hutan dan lahan. Hal ini bertujuan untuk mencari pelaku yang sedang melakukan pembakaran, sesuai dengan arahan Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid S.E.,M.Tr.(Han).


"Kita menelusuri lahan dan kawasan hutan. Dengan menggunakan kendaraan roda dua dan jalan kaki, agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa. Walaupun keadaan jalan yang kurang mendukung, kegiatan ini tetap terus berjalan dengan penuh semangat," kata Serma Boy.


Danramil 02/Tanah Merah Kapten Inf Rohadi Handoko saat dikonfirmasi awak media membenarkan bahwa Patroli yang dilakukan Babinsa Serma Boy R Sitompul, mulai dari Desa ke desa sampai ke dusun. Serma Boy R yang memimpin patroli, disamping sosilisasi juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla serta mencari pelaku Karhutla, dan ini merupakan perintah langsung Dandim 0314/Inhil.


"Tujuannya sudah jelas, personel Babinsa melasanakan patroli dan sosialisasi tentang Karhutla setiap hari. Apabila menemukan pembakar lahan dan hutan langsung kita tangkap dan pelaku pembakaran tersebut dapat diproses secara hukum nantinya," sebutnya Danramil.


Bagi pelaku Karhutla yang bersangkutan sudah membuat pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat banyak. "Jadi kami imbau masyarakat tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan dan hutan di wilayah Koramil 02/Tanah Merah " tegasnya.


Didukung dengan adanya kegiatan sosialisasi dan patroli, ia berhap agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. 


"Karena hal itu memberikan dampak negatif yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita," tutup Danramil 02/TM.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar