Jadi Khatib Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022, Kades Bolak Raya Sampaikan Dua Pesan


 

SIBERONE.COM - Kepala Desa Bolak Raya, kecamatan Mandah, kabupaten Indragiri Hilir, Imran Mus, SPd.I laksanakan shalat Idul Fitri 1443 H 
bersama masyarakat di Masjid Baitul Atiq, Senin (02/5/2021) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Imran Mus yang baru dilantik tahun kemarin dan tahun ini merupakan tahun pertama kali perayaan hari raya di masa jabatannya langsung diminta untuk menjadi khatib shalat Idul Fitri.

Imran Mus yang berasal dari basic guru tersebut tidak terlalu canggung dalam hal tugas ini. Imrun yang juga merupakan lulusan Sarjana Pendidikan Agama dan sudah ada dasar ilmu langsung menyampaikan dua pesan dalam isi khutbahnya. 

Pesan pertamanya yakni kebaikan yang sudah dicapai pada bulan suci Ramadhan tahun 2022 ini terus hendaknya diteruskan. 

"Kita hendaknya meneruskan kebaikan yang sudah dicapai selama Ramadhan," ujarnya. 

Pesan keduanya yakni, menjadi diri agar tidak mengalami kebangkrutan amal yang sudah didapatkan selama beribadah di bulan suci Ramadhan tahun 2022 dengan cara tidak mendzolimi orang lain.

"Kedua, menjaga agar kita tak mengalami kebangkrutan amal yang telah kita raih baik sebelum dan selama Ramadhan dengan cara tidak mendzolimi orang lain," tukasnya.

Imran Mus juga menyampaikan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR Muslim yang artinya:

"Sesungguhnya orang bangkrut dari umatku ialah mereka yang pada hati kiamat membawa amal kebaikan daei shalat, puasa, dan zakat. Tetapi mereka dahulu pernah mencaci maki orang lain, menuduh (dan mencemarkan nama baik) orang lain, memakai harta orang lain. Maka kepada orang yang mereka salahi itu diberikan pahala amal baik mereka; dan kepada orang yang lain lagi diberikan pula amal baik mereka. Apabila amal baik mereka telah habis sebelum utangnya lunas, maka diambillah kesalahan orang yang disalahi itu dan diberikan kepada mereka ; Sesudah itu, mereka yang suka mencaci, menuduh, memakan harta orang lain, dan memukul orang lain itu, akan dilemparkan kedalam neraka."(HR. Muslim No.6478).

Secara terpisah, seusai pelaksanaan shalat Idul Fitri,  Kepala Desa yang masih muda ini menyempatkan menyapa masyarakat dan mengucapkan permohonan maaf di hari yang penuh kemenangan ini.

"Kami atas nama Pemerintah Desa Bola Raya dan atas nama keluarga mengucapkan Minal aidzin walfaizin mohon maaf Zahir dan Batin," imbuhnya.


Wartawan : Habibie


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar