SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Buka Cofeeshop Kurikulum Bisnis Digital Shopee


 

 

SIBERONE.COM - SMK Citra Pariwisata Kota Bogor ditunjuk  menjadi bagian dari Kelas Perdana untuk Kurikulum Bisnis Digital Provinsi Jawa Barat. Kelas Perdana ini merupakan kelanjutan kerja sama Pelatihan dan Pengembangan Bisnis Digital untuk 206 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Barat yang telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Bulan November 2021. Ungkap Kepala SMK Citra Pariwisats Kota Bogor. Sonny Arfan. ST. (13/04/2022).

Masih penuturan Sonny, Program ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menghadirkan program pelatihan bisnis digital untuk 26.000 peserta didik SMK se-Jawa Barat.

Kelas perdana tersebut mengenai kurikulum bisnis digital yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Wardhani Sugiyanto dan PT Shopee Internasional Indonesia pada tanggal 14 Januari 2022.

Menurut Sonny,  Kelas Perdana tersebut  diberikan kepada 149 peserta didik SMK Citra Pariwisata Kota Bogor,  yang akan dilatih menjadi calon wirausahawan bisnis digital yang mandiri dalam rangka  mempersiapkan ekonomi yang tangguh melalui generasi masa depan yang memiliki keterampilan digital,  guna menjadi wirausaha yang kreatif, mandiri, dan handal.

Selain dengan kurikulum berbasis bisnis digital ini diharapkan semakin banyak peserta didik SMK yang siap pakai di dunia kerja khususnya di sektor digital. 

Kepala SMK Citra Pariwisata, Sonny Arfan ST  mengutip pernyataan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah penantian panjang akhirnya bisa hadir di momen ini, memulai sebuah cita-cita besar membangun kembali pondasi sebuah rumah yang selama ini rapuh pondasi dari cuaca. 

Pondasi pendidikan digital yang kuat menghadapi cuaca era 4.0. Oleh karena itu Jawa Barat berinisiatif dan berinovasi mempercepat proses adaptasi, karena ada 40 pekerjaan yang akan hilang. Tetapi ada 120 juta pekerjaan yang akan datang, jadi jemputlah pekerjaan yang akan datang ini.

“Kami akan menyisipkan Kurikulum Bisnis Digital Shopee dalam kegiatan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) sebagai tindak lanjut dari Program SMK Pusat Keunggulan Direktorat SMK.

Kemendikbudristek mengatakan. Kegiatan bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan program keahlian perhotelan,  yaitu produksi minuman kopi dan dikolaborasikan dengan program keahlian multimedia sebagai tim promosi digitalnya.”ujar Guru peserta TOT Shopee dari SMK Citra Pariwisata, Agil Redhy Kusworo.

“Kami merilis bisnis minuman kopi bermerek “Cekulah Kopi” dengan konsep Teaching Factory berbasis pelatihan barista kopi dengan menghadirkan minuman – minuman berbahan dasar kopi lokal khas Bogor yang diracik dengan kreatifitas peserta didik dari SMK Citra Pariwisata Kota Bogor.

Dalam hal ini tentunya akan terintegrasi dengan aplikasi online, khususnya Shopee Food. diharapkan dalam waktu yang bersamaan, mereka dapat menambah keahlian sebagai barista kopi sambil melatih jiwa enterpreunershipnya.” Tambah Sutrisno Budiartoro yang juga peserta TOT Shopee dari SMK Citra Pariwisata Kota Bogor.
(Andy)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar