SDN 114 Pekanbaru Bentuk Karakter Siswa Lewat Program Keagamaan


SIBERONE.com - SDN 114 Pekanbaru memperbanyak kegiatan keagamaan selama Bulan Suci Ramadhan 1443 H. Hal itu dilakukan agar siswa dapat memperdalam ilmu agama Islam dan menumbuhkembangkan karakter, moralitas dan keimanan.

 Kepala SDN 114 Pekanbaru, Hj Nurbaiti Yusuf MPd menyebutkan, bulan Ramadhan ini merupakan momen yang tepat untuk membentuk karakter siswa menjadi seorang muslim yang mu`min, istiqomah serta tetap menjungjung toleransi dan menjadi anak yang sholeh/ah.

 “Karena pendidikan keagamaan sangat penting sebagai pondasi moral siswa, tentunya juga harus didukung oleh semua pihak, terutama orang tua siswa,'' ujar Nurbaiti, Selasa (12/4/2022).

 Dijabarkan Nurbaiti, ada beberapa program keagamaan yang dilaksanakan siswa selama proses pembelajaran di bulan suci Ramadhan, mulai dari tadarus Alquran, sholat dhuha, tausiah agama, infak dan sedekah hingga mencatat amaliyah Ramadhan pada malam hari saat tausiah Ramadhan di masjid/musala di lingkungan tempat tinggal.

 "Peningkatan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan merupakan bagian dari penguatan karakter Islami siswa. Intinya, para siswa dituntut untuk menguasai ilmu agama, seperti menghafal Juz Amma, Tadarus Alquran, bacaan dan gerakan sholat, serta belajar tentang ahlak. Tujuannya agar nanti kegiatan yang telah ditugaskan tadi dapat difahami. Sehingga ada makna yang didapat pada kegiatan di Bulan Ramadhan tahun ini,” ungkap Nurbaiti.

 Sementara itu, terkait buku amaliyah Ramadhan, Nurbaiti mengatakan buku amaliyah Ramadhan menunjukkan bukti keikutsertaan siswa dalam menjalankan sholat tarawih. Bahkan, pihak sekolah juga melibatkan orang tua untuk memantau aktifitas keagamaan anak di rumah selama bulan suci Ramadhan.

 “Setiap siswa diwajibkan untuk membawa satu buah buku untuk mencatat materi dan nama penceramah. Buku tersebut selanjutnya akan diperiksa oleh guru agama di sekolah dan nantinya akan diberikan penilaian. Tentunya ini akan menjadi penunjang nilai mata pelajaran keagamaan siswa sembari menanamkan pendidikan berkarakter,'' tukas Nurbaiti.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar