Hujan Deras Merendam Perumahan Dinar Indah, Ketinggian Hingga Capai Pinggang Orang Dewasa


SIBERONE.COM  - Akibat hujan deras yang melanda Semarang bagian atas, mulai dari Ungaran, Tembalang, dan Gunungpati membuat sungai yang mengalir dari Ungaran dan Tembalang meluap. Akibatnya, 33 keluarga di Perumahan Dinar Indah Meteseh Tembalang mengalami kebanjiran setinggi pinggang orang dewasa.

Kusrin, selaku Camat Tembalang menjelaskan bahwa kronologi banjir terjadi akibat hujan deras di daerah Ungaran yang membuat sungai yang mengalir di Kelurahan Meteseh meluap. 

Di lain sisi, Bronjong (pondasi batu yang disusun menggunakan kawat baja) dinilai Kusrin kurang tinggi sehingga saat sungai meluap, air meluber hingga masuk ke Perumahan Dinar Indah.

"Tadi saya berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Semarang untuk meminta meninggikan bronjong itu mas," ujar Kusrin pada Minggu malam (17/1/2021) saat dihubungi.

Kusrin melaporkan sudah ada bantuan dari Wakil Walikota Semarang, Herviarita Gunaryati, sejumlah nasi bungkus dan dapur umum.

"Tadi Bu Wakil Walikota Semarang sudah membantu nasi bungkus dan dapur umum," jelas Kusrin.

Kusrin sendiri mengatakan ada 33 keluarga yang menjadi korban dalam meluapnya air ini. Namun saat Kusrin dihubungi dia mengatakan mereka sudah mulai membersihkan rumah dan besok pagi, Senin (18/1/2021) akan ada bantuan kebersihan dari BPBD Kota Semarang.

"Alhamdulillah air sudah surut dan sekarang warga sudh mulai bersih-bersih rumah, Insya Allah besok pagi BPBD turun membantu," paparnya.

Dihubungi terpisah, Rudiyanto selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mengatakan tidak ada korban jiwa dalam banjir kali ini.

"Tidak ada korban jiwa," jelasnya. 

BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk membantu membersihkan puing-puing banjir di lokasi.

"Besok kita bersama pemadam keakaran akan membantu warga bersih-bersih mas," pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar