Bupati Indragiri Hilir Pimpin Apel Kesiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla 2022

Dokumentasi Prokopim Setda Inhil

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir,  H.M.Wardan pimpin Apel Kesiagaan  Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) yang diadakan di lapangan Kantor Bupati inhil , Jl. Akasia Tembilahan Hilir, Sabtu (2/4/22) 

 

Apel yang digelar sekitar pukul 15:30 WIB tersebut dihadiri Dandim 0314 Inhil, Kapolres Inhil, Unsur forkopimda, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, Masyarakat Peduli Api (MPA), Badan Timsar Nasional Siaga SAR Tembilahan, dan Instansi lainnya.

Bupati didampingi Unsur Forkopimda memeriksa pasukan dan personil serta peralatan yang mengikuti apel Kesiagaan Karhutla dan geladi Penanggulangan Bencana  Karhutla.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Seluruh Forkopimda Provinsi Riau demi memastikan penjagaan dan kesiagaan Karhutla dan menciptakan Riau bebas asap.

 

Dalam amanatnya Bupati Inhil menyampaikan bahwa apel digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana karhutla yang rawan terjadi khususnya di wilayah Inhil ini.

"Dampak karhutla ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Inhil, namun juga di kabupaten dan provinsi lain," terangnya. 

 

Diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi kebakaran hutan dan lahan dari bulan Januari sampai Maret sudah ada 84 titik panas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Selain kabut asap yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan masyarakat, karhutla juga berdampak menimbulkan kerugian dalam sektor ekonomi.

"Untuk itu perlu adanya langkah pencegahan secara nyata dalam bentuk kesiagaan Satgas Karhutla dengan menyiagakan personel, sarana dan prasarana untuk mengatasi bencana Karhutla di wilayah Inhil ini," jelasnya

 

Usai Apel Kesiagaan Penanggulangan Karhutla, dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis berupa perlengkapan MPA untuk Kecamatan oleh perwakilan Kecamatan Tempuling, Gaung Anak Serka (GAS), Batang Tuaka, Kempas dan Pelangiran.

 

Dalam acara itu juga Bupati inhil  bersama Wakapolres Inhil dan Pasiops Kodim 0314/Inhil Menyempatkan mengecek kesiapan Personel serta Kesiapan Alat Pemadam Kebakaran.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar