Bersama Warga, Babinsa Koramil 02/TM Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi Karhutla


SIBERONE.COM - Bertempat di wilayah Parit Lapis Dusun Kampung Tengah Hulu Desa Pengalihan kecamatan Enok, anggota Babinsa Koramil 02/Tanah Merah bersama masyarakat mengelar patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Kegiatan patroli Karhutla rutin tersebut merupakan langkah antisipasi terhadap kebakaran lahan masyarakat yang ada di wilayah binaan Babinsa.


"Iya saya bersama masyarakat Parit Lapis Dusun kampung Tengah Hulu desa Pengalihan, akan terus merutinkan kegiatan patroli Karhutla. Agar dapat mencegah terjadinya Kebakaran lahan masyarakat," ungkap Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Sertu Elia Rahman, Sabtu (2/4/2022) sekitar pukul 09:00 sampai dengan pukul 10:00 Wib.


Dengan melakukan kegiatan patroli, babinsa memastikan daerah binaan tidak ada ditemukan titik api dan asap, dengan begitu dapat melaporkan keadaan ke komandan Koramil.


"Iya saya melakukan patroli untuk memastikan daerah binaan saya, untuk tidak ada titik hotspot, dan dapat melaporkan keadaan wilayah binaan ke Komandan Koramil," tandasnya.


Ia juga mengungkapkan dengan patroli Karhutla dilakukan secara rutin dapat mencegah dini terjadinya kebakaran dan apabila terjadi kebakaran agar segera melakukan tindakan pemadaman, sehingga tidak menyebar ke area lahan-lahan yang lainnya.


"Ya dengan kita patroli, jadi apabila ditemukan titik api, kita langsung melakukan tindakan pemadaman, sehingga dapat mencegah kebakaran yang luas," jelas Sertu Elia Rahman.


Lebih lanjut dikatakannya, dalam pelaksanaan patroli Karhutla, ia juga selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang membuka lahan-lahan pertanian, agar tidak melakukan kegiatan membakar. Karena itu dapat menimbulkan dampak kabut asap.


"Ya saat melintas area patroli, saat ketemu masyarakat yang membuka lahan baru, dan membersihkan kebun mereka, saya selalu memberikan pemahaman kepada mereka agar tidak menyulut api, karena itu dapat mengakibatkan terjadinya bencana kabut asap dan sangat menggangu saluran pernapasan kita nantinya," cetusnya.


Terkahir dikatakan Sertu Elia Rahman, dengan giat dilaksanakan patroli dan sosialisasi, semoga tidak ada, masyarakat melakukan membakar lahan-lahan baru, sehingga wilayah binaan nya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


"Mudah-mudahan lah masyarakat paham apa dampaknya apa bila, mencoba membakar lahan-lahan pertanian, dan semoga kedepannya tidak ada ditemukan titik api daerah rawan terjadinya kebakaran," tutupnya.


Untuk diketahui dalam kegiatan patroli Karhutla dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Sertu Elia Rahman di desa binaan, dapat terlaksana dengan lancar dan terkendali.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar