Gakplin Antisipasi Penyebaran C-19, Terus Digulirkan oleh Babinsa Koramil 06/KTM di Pelabuhan


SIBERONE.COM - Bersama petugas KKP Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan dalam rangka antisipasi terhadap penyebaran COVID-19 di pelabuhan Syahbandar HK Sungai Guntung, kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Kamis (31/3/2022) sekitar pukul 11:00 wib.


Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp) Babinsa Koramil 06/Kateman Praka Rizki mengatakan bahwa kegiatan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan dalam memutuskan penyebaran COVID-19 untuk mengecek suhu tubuh penumpang yang berdatangan maupun berpergian dari pelabuhan Syahbandar HK Kelurahan Tagaraja.


"Kita (TNI) selalu bersinergi dengan pihak lainnya untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam memutuskan penyebaran COVID-19 di mana pun berada, dan saat ini kami mengecek suhu tubuh penumpang dan surat keterangan dari dinas terkait Kepada penumpang yang berpergian ke daerah lainnya," jelas Praka Rizki.


Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan Gakplin tersebut merupakan antisipasi terhadap penyebaran COVID-19, sehingga masyarakat yang berpergian betul-betul dalam keadaan sehat tanpa ada gejala virus COVID-19.


"Kalau kita abaikan, saat mereka dalam speed boat, jarak duduk yang kadang berdekatan dikarenakan ukuran speed boat yang tidak begitu besar, sangat rentan terhadap penularan virus, untuk itu penting nya pengecekan suhu tubuh penumpang dan surat keterangan kesehatan dari dinas terkait," pungkasnya.


Selain itu juga Babinsa memberikan himbauan kepada para penumpang yang berpergian melalaui transportasi laut di pelabuhan Syahbandar HK Sungai Guntung, untuk tetapi menerapkan Protokol Kesehatan.


"Iya kita berikan Himbauan, agar Patuh protokol kesehatan, dengan cara 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan serta membatasi mobilitas tinggi, itu semua kita lakukan agar masyarakat yang berpergian terhindar dari virus COVID-19," tandasnya.


Lebih lanjut dikatakan Praka Rizki pada
Pukul 07 :10 wib pengecekan terhadap penumpang kapal SB Carolina dari Guntung tujuan Batam dan  pengecekan kelengkapan surat dari dinas kesehatan terkait. Pukul 08,05 wib pengecekan terhadap penumpang kapal SB.Marina dari Guntung tujuan Batam.


"Dan Pada pukul 09.10 wib
Pengecekan terhadap kapal SB.Caroline  dari Guntung tujuan Tj . Balai Karimun, pukul 11:50 wib pengecekan terhadap penumpang kapal Rahmat jaya dari Sei Guntung tujuan Tembilahan dan pengecekan kelengkapan surat dinas dari kesehatan terkait," tutupnya.


Untuk diketahui dalam pengecekan suhu tubuh penumpang dalam keadaan normal dan penggunaan Masker hampir semua menggunakan, kegiatan dapat berakhir pada pukul 12:00 wib dalam keadaan aman dan terkendali.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar