Cegah Penyebaran C-19, Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Gakplin di Pelabuhan Sungai Guntung


SIBERONE.COM - Dalam rangka pencegahan virus COVID-19 Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil kopda Haris pelaksanaan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan (Protkes) di pelabuhan Syahbandar/HK Kelurahan Taga Raja Kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Rabu (23/3/2022) pukul 08:30 wib.


Kegiatan penegakan disiplin terpadu protokol kesehatan dalam rangka pencegahan COVID-19 tersebut. Mengecek surat Kesehatan dan suhu tubuh penumpang yang berdatangan maupun berpergian dari pelabuhan Syahbandar HK Sungai Guntung.


"Iya hari ini bersama-sama Kateman dan petugas KKP 3 orang mengecek surat Kesehatan dan suhu tubuh keberangkatan maupun kedatangan boots di pelabuhan Syahbandar/HK Kelurahan Taga Raja," ujar Babinsa Koramil 06/Kateman , kopda Haris.


Kopda Haris mengatakan. Dari hasil peninjauan tidak terdapat penumpang yang tidak memiliki surat Kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh dinas kesehatan.


"Ya mereka (penumpang) rata-rata memiliki surat  Kesehatan, berarti program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi sudah sangat terealisasi," ujarnya. 


Kendati demikian, kopda Haris juga tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai Protokol kesehatan.


"Ya walaupun sudah memiliki surat Kesehatan (vaksinasi- red) tidak juga kita mengabaikan protokol kesehatan dengan anjuran pemerintah dengan cara 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak hindari kerumunan serta membatasi mobilitas," pungkasnya.


Kopda Haris menjelaskan pada 08.30 wib pengecekan terhadap penumpang kapal Terrajoan jaya dari Guntung , Tanjung Batu, tujuan Tanjung Balai pengecekan kelengkapan surat dari dinas kesehatan terkait. 

Dan pukul 08.30 wib pengecekan terhadap penumpang kapal tenggiri dari ,guntung, tujuan pulau Batam pengecekan kelengkapan surat dari dinas kesehatan terkait. Alhamdulillah suhu penumpang di atas rata rata 36.6 dan kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar," pungkasnya.

Sementara itu terpisah, Danramil 06/Kateman Kapten Inf Iwan Andoko mengatakan guna menekan angka penyebaran COVID-19 semakin meluas, dan TNI diberikan kewenangan  dan tugas ikut berpartisipasi dalam penegakan disiplin protokol kesehatan.


"Dengan salah satunya dengan memaksimalkan peran dan fungsi Bintara pembina Desa (Babinsa)
Kita punya Babinsa di desa-desa dan dia yang tau wilayahnya dan turun langsung ke masyarakat dan disitulah peran Babinsa kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman bahwa saat ini COVID-19 belum berakhir, maka protokol kesehatan tetap dilaksanakan," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar