Giat Komsos dengan Warga Binaan, Babinsa 02/TM Ingatkan Agar Tak Meracuni Ikan dan Udang


SIBERONE.COM - Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan hubungan kerja yang baik di wilayah binaannya, Babinsa Serda Marhalim Pasaribu melaksanakan Komsos dengan warga binaan di kelurahan Pusaran kecamatan Enok kabupaten Indragiri Hilir, Senin (21/3/2022) 

Serda Marhalim Pasaribu mengungkapkan, jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya. Sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di masyarakat.

Menurutnya, melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya.

Diakui, dengan Komsos pihaknya juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan.

"Apapun yang terjadi di wilayah binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik," pungkasnya.

Selain itu juga Babinsa memberikan himbauan kepada masyarakat, saat mencari rezeki di sungai maupun di parit-parit yang ada kelurahan Pusaran. Jagan meracuni ikan maupun udang, karena  Menangkap ikan dengan racun dapat merugikan sumberdaya perairan yang ada, karena menyebabkan ikan kecil dan besar mabuk kemudian mati.

Efek yang dirasakan manusia memang tidak secara spontan, tetapi lambat laun dapat mengancam kesehatan konsumen. terutama pada organ tubuh, sebab ikan yang dikonsumsi bercampur dengan racun," terangnya.

Ia menyampaikan agar nelayan menangkap ikan dengan cara yang tidak merusak ekosistem dan lingkungan agar habitat yang ada di sungai dan laut dapat tetap seimbang dan kepada penadah juga telah diimbau untuk tidak menerima ikan tangkapan yang dihasilkan dari menggunakan racun.

"Banyak cara menangkap ikan yang legal, salah satu dengan cara memancing jika ikan itu berada di bagian rawa dan kolam. Cara itu bisa mempertahankan kelangsungan ikan-ikan dalam jangka panjang," jelasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar