Babinsa Koramil 06/KTM Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Pantau Titik Hotspot


SIBERONE.COM - Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Zalukhu bersama 2 warga masyarakat melaksanakan kegiatan patroli mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di seputaran perkebunan Desa wilayah kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (15/3/2022) pukul 09:30 WIB.

Dikatakan Babinsa Serda Zalukhu kegiatan patroli tersebut merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa di jajaran Koramil 06/Kateman untuk memantau titik dan daerah rawan kebakaran sebagai upaya dalam melakukan pencegahan terjadinya peristiwa Karhutla di daerah tersebut

"Hari ini kita kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sekitar perkebunan ini, ada titik rawan kebakaran yang harus kita pantau terus termasuk untuk mencegah adanya penebangan liar," ujarnya.


Ia juga menjelaskan, selain untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, pihaknya juga ingin memastikan kepada para warga yang bekerja di perkebunan untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar apalagi melakukan penebangan liar.


"kita harus pastikan, warga kita tidak ada yang membuka dan membersihkan lahan dengan menbakar, apalagi menebang pohon secara liar, karna banyak menimbulkan bencana, selain kebakaran juga bisa menyebabkan banjir bandang," imbuhnya.


Sementara itu, selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga. Serda Zalukhu mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar.


"Setiap pelaksanaan patroli kita turut mengajak warga agar ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakarann hutan dan lahan. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah memastikan warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar, “ tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar