9 Pekerja Sumur Panas Bumi di Dieng Keracunan Gas Beracun


SIBERONE.COM - Sejumlah 9 pekerja (work over) pengeboran sumur panas bumi di lokasi Pad 28 Dieng keracunan gas beracun (H2C), Sabtu (12/3/2022), siang tadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Kepala Bagian Humas PT Geo Dipa Energi Unit Dieng Chorul Anwar membenarkan kejadian tersebut. Saat itu, para pekerja sedang dalam proses killing atau mematikan sumur panas bumi.
 
 Tidak terjadi ledakan di lokasi sumur yang dibor, sebagaimana informasi yang tersebar di media sosial. Karena sumur dalam posisi dimatikan. Pekerja diduga terkena gas beracun yang terkosentrasi di dalam alat pompa bor,” terangnya.

 Saat ini, menurut Aan, lokasi sudah aman. Warga tidak perlu dikhawatirkan terjadi gas beracun susulan. Apalagi sumur sudah dalam posisi dimatikan dan sedang tidak aktif. Sehingga tidak akan muncul gas beracun seperti yang dikhawatirkan.

 Salah satu korban keracunan gas beracun sedang mendapatkan penanganan medis. 
Para pekerja yang mengalami keracunan segera dilarikan ke Puskesmas Kejajar untuk mendapatkan pertolongan. Korban yang keracunan dalam posisi kehabisan oxsigen dan perlu segera mendapatkan perawatan yang intensif.

Dikabarkan dari 9 korban keracunan gas beracun, 5 orang dilaporkan sudah dalam kondisi sadar, 3 korban masih belum stabil dan 1 orang lagi meninggal dunia. Hanya, belum didapat nama-nama dan alamat korban.
 
  Korban meninggal tidak di lokasi kejadian. Tapi sudah berada di Puskesmas Kejajar. Korban yang meninggal dunia diduga kehabisan oxsigen sesaat setelah mendapatkan pertolongan medis,” tambah Aan.

Direktur Utama RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo dr Danang Sananto Sasongko melaporkan semua korban yang semula mendapat penanganan awal di Puskesmas, kini sudah berada di RSUD KRT Soetjonegoro guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. (Yanto)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar