Pure Sari Asta Sakti Menggelar Sembayang Tawur Agung


SIBERONE.COM - Nyepi adalah Hari Raya Umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian Dewa-Dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Pure Sari Asta Sakti yang terletak di Dusun Gandong Desa Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal menggelar Sembayang Tawur Agung dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3/2022).

Ketua PHDI Kecamatan Patean Edi Sutopo dalam sambutannya menyampaikan, "Dalam masa pandemi  Covid-19 ini perayaan hari Raya Nyepi dilaksanakan dengan penuh keterbatasan, semoga semua umat dalam keadaan sehat dan selalu dilindungi dan tak kurang suatu apapun," tuturnya.

"Kita hidup didunia ini tinggal menjalani dengan bertaqwa dan purbo waseso kepada Sang Hyang Widi. Umat Hindu jangan sampe terpecah belah dan harus selalu rukun, harus bisa mejadi panutan dalam menjaga kerukunan, jangan membedakan antar umat tetapi kita harus mendoakan dan patuh terhadap aturan pemerintah. Kepada seluruh umat Hindu apabila ada masalah mari kita selesaikan dengan baik," pesannya.

"Untuk rencana kegiatan Ngembak Geni dilaksanakan pada hari Jumat tanggal (4/3/2022) pukul 08.00 WIB dengan acara labuh brata atau lebar puasa yang diikuti oleh para jamaah dharma santi, pembacaan sloka yang dipimpin oleh Pindandhita Ahmad Muhadi," pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar