Pastikan Wilayah Binaan Tak ada Karhutla, Babinsa Koramil 06/KTM Gandeng MPA Giat Patroli dan Sosialisasi


SIBERONE.COM - Melaksanakan patroli dan sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sering digelar oleh Babinsa untuk memastikan wilayah binaan agar tidak terjadi kebakaran yang sering dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Saat dikonfirmasi awak media Serda Rudi Hartono Babinsa Koramil 06/ Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil bersama masyarakat peduli api (MPA) melaksanakan kegiatan patroli ke wilayah sering terjadi kebakaran lahan-lahan pertanian masyarakat.


'Iya hari ini Sabtu (26/2) pukul 09:00 WIB, saya melakukan patroli di daerah Lokasi jalan lingkar 11 Kel. Tagaraja kecamatan. kateman. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat untuk memantau langsung di daerah rawan terjadinya kebakaran," ungkap Serda Rudi Hartono kepada awak media.


Selain patroli Babinsa juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan dengan cara dibakar.


"Iya kita berikan sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka paham kalau membuka lahan dengan cara dibakar sangat tidak diperbolehkan oleh pemerintah, karena bisa menimbulkan pencemaran lingkungan udara," jelasnya.


Selain pencemaran lingkungan udara, dikatakan Serda Rudi Hartono dapat pula menimbulkan dampak yang negatif ke lahan-lahan masyarakat lainnya.


"Iya kalau sampai merembet ke lahan-lahan pertanian masyarakat lainnya, bisa sangat berdampak kawan tidak bisa menikmati hasil pertanian lagi, habis ikut terbakar juga," ujar Serda Rudi Hartono.


Kendati demikian Serda Rudi Hartono, dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di daerah binaan tidak menemukan titik api dan asap hasilnya nihil.


"Semoga dari hasil yang sering kita giatkan pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di daerah sering terjadi kebakaran lahan masyarakat, tidak ada lagi kebakaran yang terjadi di sini," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar