194 CPNS Pemkot Tegal Diambil Sumpah


SIBERONE.COM - Sebanyak 194 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi pengadaan 2019 dan 8 PNS yang belum disumpah sebelumnya di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, resmi diambil sumpah janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kamis (17/2/2022) di Ruang Adipura dan Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal.

Selain pengambilan sumpah janji, 194 orang tersebut juga menerima Surat Keputusan (SK) PNS. Pengambilan sumpah dipimpin langsung Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono.

Pengambilan sumpah merupakan syarat untuk diangkat menjadi PNS, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil pada pasal 3, setiap CPNS pada saat pengangkatannya sebagai PNS wajib mengucapkan sumpah / janji PNS.

Setelah diambil sumpah janjinya sebagai PNS, Wali Kota minta agar para PNS mempunyai kesetiaan, loyalitas dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945 dan Pemerintah serta bermental baik, bersih, jujur, berdayaguna dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya serta mendukung usaha Pemerintah Kota Tegal (Pemkot Tegal) guna mendorong terciptanya good governance.

"Bahwa penyelenggaraan suatu Pemerintahan yang baik sangat ditentukan kuantitas dan kemampuan birokrasi," ujar Wali Kota Tegal.

Birokrasi sebagai pemberi bentuk dan warna kebijakan publik, diharapkan memiliki sumber daya aparatur yang profesional dan produktif, yang mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan tertentu dengan baik.

Untuk itu, Dedy Yon mendorong agar PNS yang baru diambil sumpah segera menyesuaikan diri dengan seniornya di tempat penempatan untuk menjadi bagian dalam membangun kemajuan Kota Tegal.

"Saya berharap saudara mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bukan hanya keberanian, tetapi juga strategi jitu dan inovasi agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya" harap Wali Kota Tegal.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, Ilham Prasetya menyampaikan bahwa CPNS yang diambil sumpah janji PNS merupakan CPNS formasi 2019 yang telah menjalani masa percobaan selama 1 tahun dan telah lulus Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan dan Latsar serta dinyatakan sehat jasamani dan rohani oleh Tim Penguji Kesehatan.

Ia menjelaskan 194 orang tersebut, terdiri dari 103 orang tenaga pendidik, 55 orang tenaga kesehatan, 36 orang tenaga teknisdan jika dirinci berdasarkan pendidikan sebanyak 75 orang diploma 3 dan 119 orang lulusan sarjana. Sedangkan jika dirinci berdasarkan golongan dan ruang, 75 orang golongan II c, 111 orang golongan III/a serta 8 orang dari golongan III/b.

Untuk menjaga protokol kesehatan, Ilham prasetya mengatakan ruang pengambilan sumpah dibagi menjadi dua tempat, di ruang Adipura dan Pendopo Ko Gede Sebayu dan masing-masing CPNS diwajibkan membawa hasil cetak bukti vaksin selain tetap melaksanakan protokol kesehatan selama pelaksanaan pengambilan sumpah.

Dalam pengambilan sumpah tersebut, juga diikuti oleh empat orang CPNS yang saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri. Ke- 4 CPNS tersebut mengikuti pengambilan sumpah menggunakan aplikasi zoom meeting dari rumah mereka masing-masing. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar