Antisipasi Terhadap Karhutla di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil 06/KTM Praka Rizky Giat Patroli


SIBERONE.COM - Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan. Babinsa Koramil 06 Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil Praka Rizky  melaksanakan patroli Karhutla di Parit 8 Kelurahan Taga Raja kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (11/2/2022) pukul 09:00 WIB.


Saat dikonfirmasi awak media. Praka Rizky mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla tersebut merupakan antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di daerah rawan terhadap kebakaran.


"Kegiatan ini sering kita laksanakan sebagai Babinsa untuk memantau perkembangan wilayah binaan terhadap ancaman kebakaran di wilayah yang sering terjadi rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan," ungkap Praka Rizky Kepada awak media.


Selain melaksanakan Patroli, dikatakan Praka Rizky juga melakukan sosialisasi kepada warga-warga pemilik kebun agar tidak melakukan kegiatan pembakaran. Sehingga tidak terjadi kebakaran lahan-lahan.


"Sering terjadi kebakaran, karena pemilik kebun, sengaja membakar lahan, namun tidak dijaga dan ditinggalkan pulang ke rumah, nah disitu lah seringkali merembet kemana-mana apinya," sebutnya.


Menurut Praka Rizky. Kalau sudah terjadi kebakaran, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan udara, dan juga dapat merugikan diri sendiri, bisa menjadi tindak pidana, karena tidak mengindahkan aturan pemerintah.


"Ya sebagai antisipasi kita melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga warga paham dan mengerti, bahwa melakukan pembakaran lahan tidak diperbolehkan oleh pemerintah," imbuhnya.


Terkahir Praka Rizky mengatakan dalam pelaksanaan patroli Karhutla di Parit 8 Kelurahan Taga Raja kecamatan Kateman dengan hasil pantauan titik api dan asap hasilnya nihil, dan situasi aman dan terkendali.


"Alhamdulillah tidak ada kita temukan titik Hotspot di sini, mudah-mudahan lah selalu aman dan terkendali dengan kegiatan patroli kita rutinitaskan bersama dengan warga dan aparat-aparat terkait, sehingga tidak terjadi kebakaran lahan di sini," tutupnya.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar