Giatkan Patroli Karhutla, Serda Piter Sirimba Ajak Masyarakat tidak Membuka Lahan Dengan Cara Dibakar


SIBERONE.COM - Babinsa Air Tawar Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Lendi Piter Sirimba melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di parit 13 Desa Air Tawar kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Senin (07/2/2022) pukul 10:00 WIB.


Babinsa desa Air Tawar Serda Lendi Piter Sirimba mengatakan pada hari ini melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran di Parit 13, bersama 3 masyarakat peduli api.


"Iya kita bersama-sama dengan warga melaksanakan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan, di daerah Parit 13 Desa Air Tawar, untuk melihat langsung apakah ada titik api atau tidak di daerah sini," ujarnya.


Ia juga mengatakan dalam pelaksanaan patroli kali ini memberikan himbauan kepada masyarakat yang sedang membuka lahan-lahan pertanian.


"Kalau bisa jagan membuka lahan-lahan pertanian dengan cara di bakar, takutnya bisa merembet ke lahan-lahan pertanian yang lain, kalau sudah begitu siapa yang mau bertanggung jawab," ujar Serda Piter Sirimba kepada awak media.


Lebih lanjut dikatakan Serda Piter Sirimba, sekarang masih dalam masa pendemi COVID-19, jangan gara-gara membuka lahan dengan cara dibakar, menambah bencana alam di daerah kecamatan Kateman.


"Ya kita memberikan himbauan kepada masyarakat, kalau membakar lahan itu merupakan pencemaran lingkungan udara, bisa ada sanksi. Dan bisa pidana, sudah banyak yang di penjara gara-gara membakar lahan, jadi saya berharap kepada masyarakat di sini jangan sekali-kali melakukan hal seperti itu," sambungnya.


Terakhir dikatakan Serda Piter Sirimba, dalam pelaksanaan patroli Karhutla di Parit 13 Desa Air Tawar, bersama 3 masyarakat peduli api, tidak menemukan titik hotspot ataupun titik api dan asap hasilnya nihil.


"Ya hasilnya nihil tidak ada kita temukan titik api dan asap, di sini, semoga lah Kedepannya tidak terjadi kebakaran lahan di sini," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar