Pemerintah Desa Karanggedang Tanggap Darurat Distribusikan Seng Pasca Bencana


SIBERONE.COM – Sebagai bentuk tanggap darurat kepada warga terdampak bencana angin puting beliung yang melanda 23 rumah di Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, pada Jumat, (4/2/2022) lalu, anggota Koramil 05/Bukateja bersama masyarakat bergotong royong distibusikan bantuan seng galvalum dan benahi atap rumah terdampak bencana  tersebut, Minggu (6/2/2022).

Sebanyak 250 lembar seng galvalum yang didukung sementara oleh pemerintah desa tersebut secara bertahap telah terpasang di 20 rumah yang terdampak bencana.

Menurut Hidayatullah Kades Karanggedang, bantuan atap seng galvalum yang didistribusikan pihaknya bersama anggota Koramil 05/Bukateja dengan dibantu masyarakat dan unsur lainnya merupakan bentuk tanggap darurat kepada warganya sebagai hasil musyawarah desa sembari menunggu bantuan dari pemerintah maupun dinas terkait turun.

"Sementara bantuan belum turun sehingga bentuk tanggap darurat hasil musyawarah desa, diatasi terlebih dahulu oleh pihak desa mengingat masyarakat mendesak memerlukan bantuan tersebut," ungkapnya menjelaskan.

Ia juga menuturkan jika pihaknya berharap bila nantinya bantuan dari pemerintah turun dapat segera dipergunakan untuk mengganti dana talangan  yang sudah dikeluarkan pihak desa guna tanggap darurat warganya.

"Agar masyarakat terdampak bencana terkondisikan dahulu keadaanya, nantinya bila ada bantuan dari pemerintah dapat dipergunakan untuk mengganti dana talangan yang telah dikeluarkan," ungkapnya.

Serka Siswo Hartono, Babinsa Koramil 05/Bukateja untuk desa Karanggedang yang turut dalam distribusi dan pemasangan seng Galvalum di rumah warga terdampak bencana sangat mengapresiasi upaya pihak desa yang berinisiatif tanggap darurat kepada warganya.

"Hujan masih sering turun sehingga upaya pihak desa yang dilaksanakan tentunya sangat membantu masyarakat terdampak bencana karena bila harus menunggu bantuan datang pastinya tidak dapat segera," tegasnya.

Babinsa juga menjelaskan jika 20 rumah dari 23 rumah warga yang terdampak bencana saat ini telah terdistribusi dan terpasang bantuan tanggap darurat seng galvalum dari desa.

"Hari ini ( Minggu, 6 Februari 2022, Red) telah terdistribusi dan terpasang di 20 rumah terdampak, 3 rumah lagi akan dilanjutkan esok termasuk untuk bangunan yang terdampak bencana lainnya bertahap esok akan dilaksanakan pembersihan puing akibat bencana," terangnya. (HS/SF)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar