Ribuan Akseptor KB Ditargetkan Pasang Kontrasepsi


SIBERONE.COM - Ribuan Akseptor Keluarga Berencana (KB) se Kabupaten Brebes ditargetkan pasang alat kontrasepsi dalam rangkaian Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes tahun 2022. Mereka mendapat pelayanan 17 Puskesmas terdekat, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH disela meninjau pelaksanaan pelayanan KB Gratis di Puskesmas Wanasari, Kemurang Kulon dan Bojongsari, Selasa (25/1/2022).

Idza menjelaskan, tak dipungkiri Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk terbanyak se Jawa Tengah. Untuk itu, perlu digenjot pelayanan Keluarga Berencana guna menekan lonjakan jumlah penduduk.

Untuk itu Bupati sangat mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi dalam Pelayanan KB gratis di Hari Jadi Brebes tahun 2022 kali ini.

“Yang sudah ikut KB saya ucapkan terima kasih, dan ayo ajak yang lain agar ikut KB,” ajak Idza.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes Rini Puji Astuti menjelaskan, pelayanan KB berlangsung 10-27 Januari 2022. Pelayanan KB gratis yang dilaksanakan terjadwal sejak tanggal 10 sampai 27 Januari 2022.

Diprediksi, peserta akseptor bakal melebihi target terbukti dengan membludaknya peserta saat digelar pelayanan di tiga puskesmas yang dikunjungi Bupati. 

Kata Rini, dari data permintaan di 17 Kecamatan terjadi Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) sebanyak 1.434 Aseptor. Rinciannya, sebanyak 1.251 Aseptor Implan, 131 Aseptor IUD, 52 Aseptor MOW, dan 7 Aseptor MOP.

“Jumlah tersebut belum final, bisa saja akan lebih banyak lagi mengingat pelaksanaan pelayanan KB Gratism belum selesai,

Bupati juga memberikan uang transport kepada Kader Penggerak KB yang sudah berupaya semaksimal mungkin mengajak dan mengantar masyarakat dalam Pelayanan KB gratis. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar