Buka Raker IPSM, Walkot Imbau IPSM Berkolaborasi dengan OPD Terkait


SIBERONE.COM - Persoalan sosial masyarakat menjadi persoalan bersama, bukan hanya persoalan Pemerintah dan Pekerja Sosial Masyarakat saja. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang menangani persoalan sosial masyarakat tidak bisa berjalan sendiri, tanpa adanya bantuan dari penggiat-penggiat pekerja sosial masyarakat.

Untuk itu, dalam menjalankan perananya, OPD terkait harus bisa menggandeng dan berkolaborasi dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). 

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tegal Dedy Yon saat membuka Rapat Kerja (Raker) Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) yang dilaksanakan di Hotel Grand Dian Guci, Jum'at (21/1/2022). Wali Kota mengajak semua OPD di Lingkungan Pemkot Tegal untuk selalu bersinergi satu dengan lainnya, dalam upaya meningkatkan kinerja Pemkot Tegal, terutama dalam pembangunan sosial masyarakat sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. 

Dikatakan Wali Kota, Raker IPSM ini dapat digunakan sebagai forum untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang selanjutnya terjalin sinergi dan kolaborasi dengan IPSM, baik yang ada di tingkat kota, tingkat kecamatan maupun tingkat kelurahan sebagai ujung tombak.

Dedy Yon menyampaikan bahwa secara berjenjang keberadaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) ada di setiap wilayah, mempunyai peran yang sangat strategis dalam menangani persoalan-persoalan sosial. "Oleh karena itu, saya berharap peran PSM dapat dioptimalkan," harap Wali Kota.

Untuk mengoptimalkan peran tersebut, tentu PSM tidak dapat bekerja sendirian. Perlu dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak. 

"Saya berharap OPD terkait dapat mengaitkan peran IPSM di dalam program dan kegiatan yang ada di OPD," ujar Dedy Yon.

Sebab menurut Dedy Yon, masalah sosial yang dimaksud, keberadaannya amat luas, bisa meliputi kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, dan bencana alam,  termasuk ketunaan sosial, penyimpangan perilaku, akibat bencana sosial, tindak kekerasan, eksploitasi, diskriminasi serta penyalahgunaan narkotika, dan masalah kesehatan masyarakat.

Dengan demikian, IPSM Kota Tegal sebagai potensi sumber kesejahteraan sosial perlu ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. demi mengimbangi cepatnya pertumbuhan permasalahan sosial. bahkan dapat melampaui permasalahan sosial dengan melakukan berbagai mitigasi sebagai upaya pencegahan terjadinya permasalahan sosial di masyarakat.

IPSM adalah mitra Pemkot Tegal, serta menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial agar dapat meringankan beban hidup dan membuat bahagia para penyandang masalah sosial.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Tegal, Roro Kusnabilla Dedy Yon, mengatakan, sesuai dengan tema kegiatan Raker IPSM Kota Tegal ini adalah  “Peduli Terhadap Sesama dan Tumbuhkan Rasa Kebersamaan dalam Kehidupan Sosial Bermasyarakat”, dengan maksud dan tujuan agar PSM dan masyarakat dapat lebih peka dan peduli terhadap permasalahan kesejahteraan sosial di lingkungannya, mampu memberikan kontribusi positif dalam memecahkan  permasalahan sosial sehingga kesejahteraan sosial bagi masyarakat dapat terwujud dengan baik.
 
"Dalam rangka untuk mewujudkan kesejahteraan sosial tersebut, perlu adanya sebuah komitmen, sinergitas, dan kolaborasi dari tiga komponen utama yaitu masyarakat dalam hal ini IPSM, Pemerintah dan Dunia Usaha," tutur Roro. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar