Legium Veteran Cabang Kabupaten Batang Merayakan HUT ke-65


SIBERONE.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Legium Veteran Republik Indonesia TA. 2022 dengan mengambil tema "Legiun Veteran RI Bersama Kekuatan Nasional Lainnya Siap Mendukung dan Mengamankan Pembagunan Nasional" terutama dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang dilaksanankan di kantor Markas Cabang LVRI Kabupaten Batang, Rabu (5/1/2022).

Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra bersama Forkopimda tampak hadir dalam kegiatan peringatan ulang tahun Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) itu.

Dalam sambutan Ketua DPP LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin yang dibacakan Ketua Macab LVRI Kabupaten Batang Peltu (Purn) Suhartono mengatakan, "Dalam kesempatan baik ini, saya mengajak semua anggota LVRI untuk mengenang dan mendoakan yang terbaik bagi para pejuang yang telah gugur di medan pertempuran. Peristiwa heroik itu terjadi pada masa perang kemerdekaan (1945-1949) dan berbagai operasi antara lain Trikora, Dwikora, Seroja dan penugasan pasukan Indonesia dalam misi PBB di wilayah konflik di dunia.

Organisasi LVRI di tetapkan pada kongres nasional pertama di Hotel Deca Park pada tanggal 2 Januari 1957 di Jakarta yang di ikuti 2.500 bekas pejuang perang kemerdekaan dari seluruh tanah air.

Bertemunya para pejuang itu, tujuannya tidak hanya untuk membahas soal masa depan tetapi juga untuk penyatuan diantara mereka. Kongres berakhir dengan kesepakatan membentuk badan yang menyatukan semua faksi dalam wadah LVRI.

Pada tanggal yang sama juga diterbitkan Keputusan Presiden Soekarno, No. 103 Th. 1957 tentang berdirinya LVRI. Presiden juga menganugerahkan panji kehormatan veteran RI “Karya Dharma" dan  penetapan kode kehormatan veteran RI “Panca Marga". Di era reformasi, pemerintah juga menerbitkan UU No.15 th. 2012 tentang veteran. Undang-undang itu menjadi aset berharga yang dimiliki veteran hingga saat ini.   Untuk itu, kita harus bersyukur dan bangga bahwa negara telah memberikan pengakuan atas pengabdian dan pengorbanan para pejuang negeri ini.

Peringatan hari ulang tahun ini harus kita jadikan introspeksi dan evalusai diri, perjalanan selama 65 tahun harus lebih baik memberikan penguatan kita dalam  mengelola organisasi untuk menghadapi berbagai tantangan  dizaman yang semakin maju," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Komandan Kodim 0736/Batang Yan Eka Putra memberikan sambuatan, Puji syukur atas limpahan rahmat dan karunianya kita masih bisa berkumpul ditempat ini, semoga kita semua tetap diberi kesehatan dalam menjalankan tugas kita.    Kami generasi penerus yang masih banyak kekurangan, minta masukan dan arahan pada senior, kami juga berharap Kodim jadi rumah kita semua.

Saya mohon hubungan tali silaturokhim tetap berjalan, sehingga sinergitas terbangun antara Legiun Veteran, Pemda dan TNI Polri guna mendorong pembangunan di Kabupaten Batang," beber Y. Eka Putra.

Wihaji selaku Bupati Batang juga menyampaikan, saya sangat berterimakasih kepada Bapak Ikhsan, Ketua LVRI, Senior-senior kami dan Forkopimda yang hadir secara pribadi. Saya selaku Kepala Daerah mengucapkan selamat HUT LVRI ke-65 mari kita kerjasama menjalankan pembagunan nasional khususnya penangganan Covid-19," imbuhnya.

Harapan saya tahun ini ada 1.883 anggota LVRI yang sudah mendahului kita, seperti yang pernah disampaikan oleh Abah Habib Lutfi bahwa para pejuang kemerdekaan ini rela mengorbankan nyawa, jiwa dan hartanya demi meraih kemerdekaan, nyatanya mereka bisa dan mampu. 
Makanya saya yakin, semua peristiwa atau problem yang terjadi di Indonesia pasti ada jalan solusinya. Termasuk kali ini masalah Covid-19 saya yakin pasti ada solusinya, tinggal hubungannya dengan waktu dan ikhtiar," tutup  Wihaji. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar