Keliling Gereja, Forkopimda Batang Pastikan Ibadah Natal Sesuai Prokes


SIBERONE.COM - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang berkeliling mengecek langsung kegiatan perayaan Natal di sejumlah Gereja untuk memastikan penyelenggaraan peribadatan dilakukan sesuai protokol kesehatan, Jumat (24/12/2021) malam.

"Saya selaku Kepala Daerah atas nama Pemerintah Daerah sekaligus semua unsur Forkopimda mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru," kata Bupati Batang usai mengecek kegiatan keagaman di Gereja Katolik Santo Yusuf.

Menurut dia, pengecekan kegiatan Natal ini bertujuan untuk memastikan tidak terjadinya masalah dan menjaga keguyubrukunan di Kabupaten Batang.

"Insya Allah, kita cek sudah sesuai dengan prokes. Semua sudah diatur rapi, tidak terjadi masalah, dan semua berjalan lancar pada saat kegiatan keagamaan," jelasnya.

Bupati Batang Wihaji juga mengatakan bahwa Pemkab siap melayani umat Kristiani yang akan merayakan atau Misa Natal di Gereja.

"Kita pastikan semuanya harus dilayani dengan baik dan tidak ada masalah dalam proses perayaannya sekaligus semuanya lancar. Saya mengajak mari bersama-sama menjaga kerukunan," imbaunya.

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan bahwa kegiatan patroli bersama untuk memastikan kondisi dan situasi perayaan Natal aman dan kondusif sehingga umat Kristiani dapat menjalankan kegiatan keagamaan dengan baik dan nyaman.

"Kami menjamin bahwa ketenangan dalam beribadah menjadi konsekuensi yang utama, yang ditunjukkan dengan Forkopimda Kabupaten Batang ingin bersama-sama menjamin seluruh umat beragama bisa beribadah dengan nyaman dan mewujudkan toleransi dengan baik,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, pada pengamanan libur Natal dan tahun Baru 2022, pihaknya menerjunkan sekitar 300 anggota bersama forkopimda yang disebar di masing-masing Pos Penganaman (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di Rest Area dan Gereja.

"Kita akan melakukan penjagaan 1X24 jam hingga batas akhir Operasi Lilin Candi 2021 selesai. Kami yakini bahwa kondisi situasi dijamin aman," katanya.

Ia mengimbau, agar semua pihak menjalankan prokes dengan baik dan benar. 

“Sosialisasikan kepada masyarakat dan proses vaksinasi juga masih berjalan dengan terus ditingkatkan, karena di Kabupaten Batang masih berproses menuju target 70%,” tandasnya.

Sementara itu, Romo Joseph mengatakan, selama ini seluruh jemaat Gereja siap mendukung Pemkab Batang untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat.

“Kita menyadari bahwa semua umat masih merasakan situasi pandemi. Maka sejak awal, saya pastikan kepada seluruh umat Katolik yang mengikuti perayaan Natal malam hari ini harus sehat jasmani dan rohaninya,” katanya.

Ia menerangkan, salah satu syarat agar semua umat dapat merayakan Natal adalah telah mendapatkan vaksinasi sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid-19.

“Sebelumnya di tanggal 12 Desember kami bekerja sama dengan pihak Polres Batang mengadakan vaksinasi massal di sini, untuk memastikan bahwa semua umat Katolik sudah tervaksin,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk ibadah Misa malam Natal hari ini, dapat berjalan lancar. Sebelum perayaan ini pihak panitia telah melakukan pendataan seluruh umat yang ingin mengikuti misa malam hari ini. 

“Kami memastikan tempat duduk ini diatur jarak antar jemaat, sehingga prokes bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar