SIBERONE.COM - Hujan deras dan lama yang mengguyur wilayah Kecamatan Bandar mengakibatkan bencana longsor di Dukuh Proto Desa Tambahrejo Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jumat (24/12/2021), sekira pukul 04.00 WIB.

Tebing di pesawahan setinggi 25 meter dan panjang 30 meter longsor menutupi saluran irigasi yang mengaliri sawah di empat dukuh yaitu Dukuh Proto, Dukuh Wrage, Dukuh Jamberoso dan Dukuh Sidodot Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar.

Seluas 15 hektare sawah terdampak akibat tidak berfungsi saluran irigasi yang tertutup material tanah longsoran.

Babinsa Desa Tambahrejo Koramil 07/Bandar Serka I Nenggah Sudiana mengatakan, longsor terjadi hari Jumat pagi pukul 04.00 WIB akibat hujan dengan intensitas tinggi dan lebat dalam waktu yang lama yang terjadi di wilayah Kecamatan Bandar.

Beruntung, lokasi longsor bukan daerah pemukiman sehingga tidak ada korban jiwa, hanya berdampak kepada sawah milik warga," ujar Serka Nengah.

Sambil menunggu alat berat Babinsa bersama warga pagi tadi bergotong-royong membersihkan material longsor yang menutupi saluran irigasi dengan alat seadanya.

Pasalnya, saluran tersebut merupakan sumber utama pengairan area persawahan di Desa Tambahrejo. Jika tidak kunjung dibenahi, kemungkinan besar 15 hektare area persawahan terancam gagal panen," ungkapnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar