Kasus Pengeroyokan di Magelang, Polisi Tetapkan Tiga Pelajar SMK sebagai Tersangka


SIBERONE.COM - Tiga orang pelajar SMK di Magelang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pengeroyokan. Kasus tersebut terjadi di depan Balai Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 

Demikian disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Rabu (15/12/2021). Dalam acara itu Kapolres didampingi Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Muhamad Alfan Armin dalam keterangan pers, di lobby Mako Polres Magelang.

Kapolres Sajarod mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Rabu (17/11/2021) silam dengan korban berinisial EMN (19) yang merupakan teman sekolah ketiga tersangka.

“Jadi korban bersama temannya menggunakan motor berboncengan sehabis periksa dalam rangka persyaratan kerja di Puskesmas Mungkid ke arah pulang. Saat melintas daerah Deyangan, korban melewati kelompok tersangka dan teman-temannya,” tutur Kapolres.

Setelah itu, lanjut Sajarod, para tersangka dengan menaiki motor mengambil batu dan mengejar tersangka dengan cara memutar. Kemudian di depan Balai Desa Pasuruhan, keduanya berpapasan dan dua orang tersangka yang dibonceng melempar batu ke arah korban dan mengenai kepala korban.

“Korban kemudian terjatuh, lalu ditolong oleh warga sekitar dan dibawa ke rumah sakit oleh kendaraan yang melintas,” lanjutnya.

Pada Senin (22/11/2021) Tim Resmob Sat Reskrim Polres Magelang berhasil mengidentifikasi pelaku dan Barang Bukti. Kini ketiga tersangka yang terdiri dari 2 orang anak di bawah umur dan 1 orang dewasa ditahan di Polres Magelang. Adapun ketiga tersangka merupakan pelajar di sebuah SMK swasta di Kota Magelang.

"Berkas Perkara yang tersangka anak sudah P21 dan tersangka dewasa masih dalam proses,” ungkap Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya ketiga tersangka dijerat dengan dakwaan telah Melakukan Kekerasan Secara Bersama-sama terhadap orang yang mengakibatkan luka. Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 170 ayat 2 KUHP atau Pasal 353 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Atas kejadian ini Kapolres mengimbau para pelajar agar jaga emosi, fokus pada belajar dan masa depan. 

“Jangan lakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan orang lain seperti tawuran, kebut-kebutan. Saat ini juga masih pandemi jadi hindari dulu nongkrong-nongkrong, langsung pulang setelah berkegiatan dan selalu jaga protokol kesehatan,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menghimbau pada para orang tua dan para guru, untuk menjaga para anak atau anak didiknya. Agar senantiasa dalam kegiatan di sekolah maupun pulang sekolah melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi masa depan. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar