Vaksinasi Malam Hari, Solusi Warga yang Sibuk Kerja Siang Hari


SIBERONE.COM - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang membuka layanan vaksinasi malam hari di sarana publik yang menyasar kaum pekerja. Kegiatan itu untuk memfasilitasi para warga yang sibuk beraktivitas kerja di pagi hingga sore hari.

Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari mengatakan, kegiatan malam ini tujuan utamanya juga untuk membantu percepatan capaian target vaksinasi di Kabupaten Batang.

“Sasarannya pada masyarakat di titik kumpul untuk mempermudah, apabila tidak sempat vaksin di pagi atau sore hari. Jadi kami menyediakan layanan vaksinasi keliling malam hari,” terangnya, saat memantau vaksinasi keliling malam, di Jalan Veteran, Kabupaten Batang, Selasa (14/12/2021).

Ia menegaskan, vaksinasi keliling akan terus digencarkan di sejumlah titik kumpul warga. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk kembali dilaksanakan di tempat yang sama, dengan sasaran 200 orang.

“Respons dari masyarakat antusias sekali. Mereka sangat terbantu dengan adanya vaksinasi keliling ini, karena dipermudah untuk mendapatkan layanan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Yuli Suryandaru mengatakan, vaksinasi malam merupakan upaya yang baik, karena pihak medis tidak mungkin hanya menunggu warga untuk divaksinasi.

“Makanya kami harus bergerak untuk jemput bola. Sebenarnya kegiatan semacam ini sudah dilakukan di beberapa tempat, termasuk di Hutan Kota Rajawali dan khusus malam ini kami bekerja sama dengan Satlantas,” terangnya.

Ia menambahkan, pihak Puskesmas pun telah melakukan vaksinasi secara door to door, dengan masuk hingga ke pedukuhan.

“Tadi pagi tim Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Wonotunggal, menggelar vaksinasi di Dukuh Pedati Desa Silurah,” ujarnya.

Menurutnya, karena proses sosialisasi yang belum begitu maksimal, jadi masih ada masyarakat yang belum begitu mengetahui.

“Kedepan kalau dari awal sudah dipublikasikan, kemungkinan akan banyak yang datang. Kami tidak membatasi waktu vaksinasi, hanya saja tetap melihat apakah masih ada yang mau divaksin atau tidak, saat ini pelayanan vaksinasi malam dibuka jam 20.00-22.00 WIB, kalau masih banyak yang mengantre, sampai jam 24.00 pun kami siap,” terangnya.

Ia menambahkan, capaian vaksinasi untuk umum sudah mencapai 63,02 persen dan lansia 49,72 persen.

“Persedian vaksin di Dinas Kesehatan yaitu AstraZeneca sebanyak 20 ribu yang bisa mencukupi kebutuhan hingga dua pekan kedepan,” bebernya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar