Disparporabud Inhil Apresiasi Pawai Pompong Hias Dalam Peringatan Gemma Muharram


SIBERONE.COM -  Pompong merupakan tranportasi yang biasa digunakan masyarakat khusus untuk melintasi sungai. Ketika mendengar kata Pompong masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau tentu tidak asing lagi dengan nama itu, kendaraan perahu yang terbuat dari papan tersebut dilengkapi mesin untuk jadikan transportasi. 

Pompong (Kendaraan laut) merupakan ikon masyarakat Indragiri Hilir yang digunakan oleh masyarakat pesisir berpergian melalui perairan sungai Indragiri antar desa dan antar kecamatan. 

Tidak hanya dijadikan kendaraan transportasi laut saja, pompong kini dijadikan alat  mengangkat budaya lokal masyarakat Indragiri Hilir.

Masyarakat Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu menggelar Iven Festival Sungai Indragiri dengan budaya lokal berupa Pompong Hias dalam rangka memperingati Gema Muharam setiap tahunnya.

Dengan digelarnya festival ini, Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) sangat mengapresiasi dimana kegiatan ini sebagai ajang hiburan masyarakat sekaligus menggemakan tahun baru Islam.

Dalam pelaksanaan festival ini seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Tembilahan Hulu mengutus delegasi mengikuti pompong hias dalam ajang ini. 

Kemudian, pelaksanaannya di awali iring-iringan pawai dari desa Sungai Intan menuju ke Tembilahan dan kembali lagi ke Sungai Intan kecamatan Tembilahan Hulu tampak pompong-pompong hias berjejer menampilkan keunikan dan keindahannya.

Pawai pompong hias ini mejadi tonton masyarakat Inhil karena pelaksanaannya terletak di sungai Indragiri. Dan sepanjang sungai terlihat antusias warga melambaikan tangan kepada peserta yang ikut berpartisipasi dalam pawai.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti pelaksanaan tersebut, silahkan hadir pada pelaksanaan di bulan Muharram tepatnya di Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar