Asal Usul Sampan Selodang Yang Menggambarkan Ciri Khas Kabupaten Inhil


SIBERONE.COM - Sejak tahun 2010 Kabupaten Indragiri Hilir, tepatnya di kecamatan Gaung sudah menggelar Festival Sampan Selodang. 

Festival ini merupakan salah satu warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai filosofi kehidupan seperti, sportifitas, kegigihan, kejujuran, dan persaudaraan,

Nama Selodang diambil dari bentuk Selodang Kelapa yang menggambarkan ciri khas Kabupaten Indragiri Hilir sebagai daerah Hamparan Kelapa Dunia.

Sosok Effendi M Alie (Alm) merupakan sosok yang memberikan nama sebuah sampan dengan sebutan Sampan Selodang, ia akan selalu dikenang oleh masyarakat Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir.

Pelestarian budaya dan kearifan lokal sudah sepatutnya dilakukan di tengah gempuran dan gerusan modernisasi. Langkah konkret pelestarian tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan lomba Sampan Selodang.

Bupati HM Wardan menceritakan ide awal dilaksanakannya festival ini. Mulanya diselenggarakan sebagai cerminan dari kearifan lokal yang mengangkat nilai-nilai budaya di Kabupaten Inhil.

“Masyarakat Inhil menggantungkan kehidupan dengan potensi alam, salah satunya pengunaan sampan sebagai sarana transportasi sehari – hari, sedangkan nama selodang diambil dari bagian pohon kelapa yang bentuknya mirip miniatur sampan,” kata Bupati.

Warisan Budaya ini menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Indragiri Hilir(Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga Dan Kebudayaan(Disparporabud) Inhil.

Lomba Sampan Selodang menjadi ajang pesta rakyat yang selalu ditunggu masyarakat Kecamatan Gaung khususnya Kabupaten Inhil. Sampan Selodang memiliki ukuran sepanjang 4 meter dan mampu menampung 6-7 orang. Lomba Selodang ini diadakan disungai Gaung, Kelurahan Kuala Lahang, Kecamatan gaung

Lomba Sampan Selodang ini juga dijadikan event besar tahunan Kabupaten Inhil yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan(Disparporabud) Inhil bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Gaung. 

Kegiatan ini biasanya diikuti oleh beberapa desa dan Kelurahan yang ada diKecamatan Gaung. Tidak hanya dihadiri oleh jajaran Pemerintah saja, ratusan masyarakat juga selalu tampak hadir antusias memberi dukungan dan semangat kepada para peserta lomba.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar