BUMDesa Sanglar Gemilang Dukung Upaya Pendapatan Masyarakat dan Peningkatan PAD


SIBERONE.COM-BumDes Sanglar Gemilang Dukung Upaya Peningkatan PADes dan Pendapatan Masyarakat

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sanglar Gemilang berdiri pada tahun 2017, dengan dasar hukum Peraturan Desa (Perdes) Nomor 6 Tahun 2016.

Sebelum terbentuknya BUMDes Sanglar Gemilang, Desa Sanglar yang terletak di Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini sudah mempunyai unit usaha yang merupakan cikal bakal BUMDes. Kegiatan BUMDes tersebut dinaungi oleh Program Pemberdayaan Desa Pemerintah Provinsi Riau, yang bergerak di bidang Usaha Unit Simpan Pinjam.

Pemerintah Desa Sanglar mendirikan BUMDes Sanglar Gemilang ini, dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan masyarakat Desa Sanglar sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa Sanglar.

Adapun visi dan misinya, meningkatkan PADes dan pendapatan masyarakat desa, menjadi perintis kegiatan usaha yang sesuai dengan potensi desa, mengoptimalkan fungsi aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak, membuka lapangan kerja, mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, serta menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga.

Tujuannya secara umum, adalah untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi produktif. Sedangkan secara khusus, bertujuan membantu kesejahteraan masyarakat dan dapat membuka lapaangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran, membantu perekonomian desa dan menambah PADes.

Untuk jenis kegiatan usaha yang sedang dijalankan BUMDes Sanglar Gemilang saat ini, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam. 

Terkait pengelolaannya, dilakukan oleh pengurus yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.21/PEM-S/I/2016 Tanggal 26 September 2016 Tentang Pembentukan BUMDes dengan Direktur Firdaus. 

Pada Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan(MDPT) Tahun buku 2020 BUMDesa Sanglar Gemilang mampu berkontribusi menyumbang Pendapatan Asli Desa(PAD) sebesar 2.396.000 rupiah dan menyerahkan bantuan sosial berupa doorprize kepada para nasabah BUMDesa. 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar