Miliki Tiga Air Terjun dan 9 Puncak, Bukit Condong ini Sangat Menarik Untuk di Kunjungi


SIBERONE.COM - Destinasi Wisata di kabupaten Indragiri Hilir bisa dikatakan banyak yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya Bukit Condong yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) terletak di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir Riau,

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Budaya (Disparporabud) kabupaten Inhil Junaidy Ismail mengatakan Bukit condong ini berbatasan antara Provinsi Riau dan Jambi serta berada dikawasan penyangga inti TNBT yang memiliki keanekaragaman hayati, puluhan bukit dan pematang disekitarnya.

Bukit Condong ini juga merupakan puncak tertinggi karena berada di ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Kemudian dari camping ground Bukit Condong ini terdapat air terjun Selensen Salak yang merupakan bagian dari aliran sungai selensen salak dengan mata air berasal dari bukit condong. Dan dikelilingi pohon pohon yang berusia ratusan tahun, menyimpan keanekaragaman hayati, serta Hutan hujan tropis dataran rendah.

"Tempat wisata ini banyak memiliki posana yang akan memanjakan mata dan menyejukan pikiran. karena daerah ini masih menyimpan habitat asli satwa liar yang dilindungi serperti tapir, siamang (ungko), burung kuau, simpai dan berbagai satwa lain," kata Junaidy Ismail.

Bagi anda yang datang ke Bukit Condong ini pastinya akan dimanjakan dengan keindahan pesona matahari terbit (sunrise) dengan ditemani selimut kabut seakan kita sedang berada Negeri diatas awan. Tak hanya sunrise, keindahan rona matahari terbenam (sunset) juga menawan.

"Camping ground bukit condong sendiri bukan merupakan puncak tertinggi dari kawasan bukit condong, total ada sembilan tingkatan lagi menuju puncak bukit condong dengan menawarkan keindahan tersendiri untuk tiap tingkatan ketinggian. Maka dari itu Bukit Condong ini sangat cocok untuk dikunjugi," ujarnya.

Berikut ini beberapa daya tarik wisata yang dapat dinikmati para pengunjung di Camping Ground Bukit Condong :

1. Camping di Alam Terbuka di Gugusan Bukit Condong

2. Mendaki Gugusan Bukit Condong menuju titik 450 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut)

3. Sunrise menantikan matahari terbit dari pesisir Timur Pulau Sumatra.

4. Sunset menantikan rona matahari terbenam di Kawasan perbukitan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

5. Sensasi berada di “NEGERI DI ATAS AWAN”.

6. Menikmati Air Terjun Selensen Salak yang memiliki dinding batu setingggi sekitar 20 meter.

7. Melihat pohon hutan alam tropis basah kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

8. Suara Alam dari satwa liar antara lain Ungko atau Siamang dan suara burung yang saling bersahutan.

9. Mandi di aliran Sungai Selensen dan Sungai Selensen Salak. (adv)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar