BUMDesa Lancang Kuning Dikunjungi oleh Kadis PMD Riau


SIBERONE.COM -Kepala Dinas Pemberdayaan Desa, Masyarakat dan Kependudukan Pencatatan Sipil (PMD dan Dukcapil) Provinsi Riau H Yurnalis Basri mengatakan apa yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Rumbai Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir patut diberikan apresiasi.

"Saya mengapresiasi Bumdes ini yang bisa kita jadikan model di Riau untuk pemberdayaan masyarakat melalui Bumdes ini," ujar Yurnalis saat di hubungi di Pekanbaru, Rabu (17/11/2021) siang.

Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Bumdes Lancang Kuning, desa Rumbai Jaya ini sungguh sangat bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat.
"Karena Bumdes Lancang Kuning dan masyarakat mampu memberikan nilai manfaat kepada kedua belah pihak. Sama-sama memperoleh keuntungan dari usaha ini," puji Yurnalis yang juga mantan pejabat Kabupaten Siak.

Menurut Yurnalis, Bumdes Lancang Kuning, Desa Rumbai Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir ini membuat program pola pemeliharaan sapi dengan sistim bagi dengan kelompok masyarakat dengan pembagian 60 persen pemelihara sapi dan 40 persen untuk Bumdes.

"Induk sapi yang sudah bunting disediakan oleh Bumdes dan pemeliharaan diberikan kepada kelompok masyarakat. Kira-kira 5 bulan dipelihara oleh kelompok masyarakat sudah melahirkan," paparnya.

Dikatakan Yurnalis, sudah 2 bulan melahirkan dilakukan proses inseminasi buatan, artinya sapi tidak perlu kawin secara alami dengan pejantan. "Tapi cukup dengan inseminasi buatan,  ibaratnya seperti bayi tabung ala manusia," imbuh Yurnalis.

Yurnalis berkunjung ke Bumdes Lancang Kuning pada hari Selasa (16/11/2021) kemarin dan langsung meninjau ke lokasi pemberdayaan sapi.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar