BUMDes Artha Mandiri Sukses Kelola Unit Usaha


SIBERONE.COM - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat penting bagi sebuah desa, yang diharapkan dapat memberi alternatif dalam mengembangkan aset dan potensi desa yang memiliki peluang pasar, dalam upay meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, BUMDesa juga diharapkan bisa menjadi sumber PADes (Pendapatan Asli Desa), meningkatkan pelayanan masyarakat, menjadi penggerak ekonomi di desa dan berbagai manfaat sosial lainnya.
Seperti keberadaan BUMDes Artha Mandiri Desa Bayas Jaya, Kecamatan kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. Dimana, pada awal berdirinya tahun 2010 lalu masih berbentuk Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP).
Pada tahun 2014, barulah berubah menjadi BUMDesa dan memiliki 1 unit Simpan Pinjam
Setelah 4 tahun berjalan atau tepatnya tahun 2018, BUMDes Artha Mandiri membuka unit usaha baru, yakni unit Kredit dan unit Pasar, sebagai salah satu bentuk kepercayaan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengelola pasar.
Selama 5 bulan mengelola pasar, pengurus BUMDes sudah berhasil membangun lapak ikan sebanyak 31 lapak, yang disewakan kepada para pedagang senilai Rp 5.000 untuk sekali pakai.
Kemudian, di tahun 2019 pengurus BUMDes kembali membangun lapak makanan ukuran besar dan kecil sebanyak 20 lapak, serta ditambah WC umum, yang disewakan 
Kemudian pada tahun 2021  BUMDesa di percaya untuk mengelola 3 buah tenda besar, 1 buah tenda kecil dan 50 buah kursi.
Selanjutnya, di awal tahun 2020 BUMDes kembali mendapat kepercayaan dari Pemdes berupa pengoperasian ambulance desa. Namun karena ini sifatnya sosial, maka pengurus memutuskan tidak memungut biaya kepada masyarakat yang membutuhkan jasa dan pelayanan ambulance.
Pandemi covid-19 yang saat ini melanda tak menyurutka semangat para prngelola BUMDesa Artha Mandiri untuk meningkatkan pendapatan serta pelayanan kepada masyarakat,selain unit usaha tersebut diatas, BUMDesa saat ini terus meningkatkan pendapatannya dengan terus membaca potensi yang ada hingga ke produk jual beli online.
Untuk diketahui, jajaran pengurus BUMDes Artha Mandiri Desa Bayar Jaya terdiri dari Direktur Siti Rahmawati MPd, Sekretaris Sri Lestari SE, (***)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar