Senyum Kebahagiaan Ibu Empat Anak di Brebes, Rumah yang Hampir Roboh Kini Dapat Bantuan RTLH


SIBERONE.COM - Triyana, seorang ibu yang tinggal bersama empat anaknya di Rt. 01 Rw. 03 Kelurahan Gandasuli Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah merasa bahagia setelah menerima bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

Selama ini, Ibu empat anak itu hidup di rumahnya yang nyaris roboh dan sangat tidak layak untuk di huni. Triyana setiap harinya bekerja sebagai buruh serabutan tanpa memiliki pendapatan yang pasti. Sehingga ia tidak mampu memperbaiki bangunan tempat tinggalnya yang hanya menggunakan kayu dan anyaman bambu.

Atap rumahnya yang berlubang membuatnya gelisah saat hujan turun, karena air yang masuk kedalam rumah terkadang membuat genangan di lantai yang masih tanah.

“Alhamdulillah saya merasa senang dan bahagia karena mendapat bantuan rehab rumah dari pemerintah, bantuan yang saya terima berupa material seperti bata, genteng, pasir, besi, kayu dan lain-lain,” ujar Triyana dengan senyum kebahagiaan terlihat di raut wajahnya.

Ia bersyukur telah menjadi salah satu penerima bantuan perbaikan RTLH tersebut. Harapannya, besaran bantuan yang diterima dapat memperbaiki rumahnya.

Kepala Kelurahan Gandasuli, Suharis S,IP menjelaskan kondisi ibu Triyana secara ekonomi tidak mampu, apalagi ditambah kondisi rumahnya memang tidak layak huni dan sudah pantas untuk mendapatkan bantuan,” ucap Suharis.

”Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Gandasuli saat ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat tahun 2021 senilai 20 juta rupiah, dengan rincian 17,5 juta untuk material dan 2,5 juta untuk tenaga kerja,” ungkapnya.

Menurut Haris, anggaran yang 17,5 juta rupiah warga menerima bantuan dalam bentuk material sesuai kebutuhan, nah pihak Disperwaskim melalui toko material yang ditunjuk mengirimkan material kepada warga si penerima.

Ada 26 unit rehab rumah dari bantuan RTLH di Kelurahan Gandasuli Brebes tahun 2021, yang terakhir ada 8 dan Triyana warga Rt. 01 Rw. 03 adalah yang terakhir dan masuk kategori krusial.

Sementara Ketua Rw. 03 Imam Bagyono menuturkan, di lingkungan kami ada 2 warga yang mendapatkan bantuan RTLH diantaranya Triyana dan Imam, lah ibu Triyana memang sudah pantas mendapat bantuan karena kondisi rumahnya hampir roboh, Alhamdulillah sudah terlaksana,” tutur Imam.

Proses pembongkaran dan rehab rumah milik Triyana dibantu oleh warga lingkungan setempat secara swadaya, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ranting Kelurahan Gandasuli dan warga sekitar turut membantu tenaga.

”Kita perlu bersinergi antara ormas dan jelurahan, karena ormas milik rakyat dan kelurahan milik pemerintah, kalau ormas dan pemerintah bersinergi pasti terjalin persatuan dan kesatuan, disitulah terjadinya kerukunan dan kenyamanan. Jiwa sosial kami ada, kalau kegiatan bantu tenaga adalah inisiatif sendiri,” tutup Duryani Ketua Ranting GP Ansor Kelurahan Gandasuli. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar